Batik Bakaran Motif Gelombang Cinta

0 44

Batik Bakaran Motif Gelombang Cinta

Terciptanya motif-motif baru yang cenderung mengikuti perkembangan zaman bertujuan semata-mata agar Batik Bakaran tetap tumbuh, berkembang, dan diminati oleh semua kalangan. Dengan begitu batik bisa lebih cepat menyesuaikan dan bersaing dengan permintaan pasar serta konsumen. Batik ini termasuk batik berpola ceplok sederhana dengan penonjolan daun yang bergelombang memiliki sedikit bunga dan tangkai biji menjulur keatas dan kebawah. Disekeliling motif utama bunga gelombang cinta terdapat berbagai bentuk bunga tabur yang berkelompok-kelompok.

Komposisi batik terlihat harmoni pada bentuk dan terutama pada warnanya. Warna juga yang membuat kesan menyatunya Motif Gelombang Cinta ini. Kontras sangat terasa pada ragam hias bunga yang bentuknya cukup besar dan berada ditengah-tengah tangkai. Namun bentuk motif sedikit tidak mempertimbangkan balance pada motif tumbuhannya. Irama motif tumbuhan sekaligus penempatan sedikit meliuk dari bawah keatas. Warna yang diberikan pada motif gelombang cinta ini umumnya bervariasi, tergantung kreasi seorang pembatik, terkadang di warna sesuai dengan pesanan. Warna bunga dan latar gelombang cinta sangat bebas, hanya warna biru tidak boleh ketinggalan karena warna tersebut menandakan kalau kain tersebut benar-benar termasuk batik tradisional.

Ketrampilan, pengalaman dan teknik baru juga sangat dibutuhkan untuk menciptakan sebuah motif batik yang baru. Termasuk ketelatenan dan keuletan seseorang untuk konsisten menggeluti dunia perbatikan. Latihan dan inovasi juga sangat berperan penting dalam menghasilkan batik yang mempunyai kualitas lebih bagus dan menarik. Motif Gelombang Cinta merupakan salah satu motif yang dibuat mengikuti perkembangan zaman. Motif ini dipilih karena merupakan motif paling populer di antara motif-motif baru lainnya.

Source http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/79129/jurnal%20bakaran_Soekma.pdf?sequence=1
Comments
Loading...