Batik Arumi Khas Trenggalek dengan Pewarnaan Keemasan

0 330

Batik Arumi Khas Trenggalek

Berbicara mengenai produk unggulan Kabupaten Trenggalek,  mulai dari makanan, kerajinan tangan maupun olahan lainnya. Ada yang baru dengan produk unggulan di Trenggalek, salah satunya Batik Arumi. Batik tulis yang diberikan pewarnaan Prodo dengan motif tarian khas Kabupaten Trenggalek. Batik dengan corak warna cerah ini mengambil banding nama Ketua TP-PKK Trenggalek Arumi Bachcin.

Pengambilan nama istri Bupati Emil Dardak ini, ditujukan untuk mendongkrak nama batik asal kota Keripik Tempe ini. Sosok Arumi yang merupakan mantan artis sinetron nasional ini digadang-gadang bisa mendongkrak popularitas batik asal Trenggalek yang memiliki kualitas tidak kalah dengan di daerah lainnya.

Batik Arumi memiliki kelebihan yaitu proses pewarnaannya menggunakan warna cerah lebih ke warna ke emas-emasan dan ditambahin hiasan prodo agar batiknya lebih muda dan lebih menarik lagi.

Pada akhir tahun 2016 pemerintah kabupaten Trenggalek meluncurkan varian baru khas Trenggalek diluncurkan guna meningkatkan minat masyarakat Trenggalek dalam mengenakan baju batik khas Trenggalek agar tetap lestari dan merangsang ide-ide segar dari para perajin batik Trenggalek untuk lebih kreatif lagi dalam berkarya.

Motif utama dari batik arumi sebenarnya lebih menonjolkan pola batik yang menjadi representasi dari tari turonggo yekso dan paling mudah dilihat perbedaannya dari batik jenis lainnya yaitu dalam penggunaan prada pada kain batik arumi, agar lebih kekinian.

Pemerintah Trenggalek berupaya membantu para perajin batik dengan membuatkan ruang bagi pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produkbatiknya di supermarket ataupun minimarket yang ada diwilayah Trenggalek.

Source Batik Arumi Khas Trenggalek dengan Pewarnaan Keemasan Batik Trenggalek
Comments
Loading...