infobatik.id

Batik Art Oey Soe Tjoen

0 49

Batik Art Oey Soe Tjoen

Butik batik bisa ditemukan di seluruh penjuru kota. Saat menginjakkan kaki di Kota Pekalongan, identitas sebagai kota batik sangat terasa. Batik sebagai mahakarya seni bernilai tinggi, setelah menemui Widianti Widjajaya yang merupakan pemilik Butik Batik Art, berada di Jl. Raya Kedungwuni 104. Ia adalah generasi pembuat Batik Oey Soe Tjoen yang sudah mulai membuat batik sejak tahun 1925.

Apa yang membuat batik Oey Soe Tjoen diburu oleh para kolektor dari seluruh dunia, yang bahkan tidak banyak orang Pekalongan sendiri yang tahu tentang keberadaannya? Ciri khas batiknya adalah kain pagi sore yang motifnya bolak-balik memiliki gambar berbeda. Karakter encim terlihat dari warna-warna pastel dan motif buketan (bunga-bunga).

Banyaknya pemesan dari Jepang membuat butik ini untuk menciptakan motif baru, yakni Batik Hokokai dengan Motif Merak, Bunga, dan Kuku. Salah satu koleksi Batik Oey dipajang di Museum Batik Pekalongan. Tak hanya itu, batik ini juga masuk katalog karya seni yang patut dimiliki di Belanda. Pekerjanya yang tinggal 15 orang membuat sehelai kain batik Oey membutuhkan waktu pengerjaan hingga 1,5 tahun atau lebih.

Source https://www.femina.co.id/home/ https://www.femina.co.id/travel/5-tempat-berburu-batik-autentik-di-pekalongan
Comments
Loading...