Batik Anyer Resmi Diluncurkan

0 228

Batik Anyer Resmi Diluncurkan

Batik Anyer merupakan batik yang baru diresmikan oleh Bupati Serang Rt Tatu Chasanah. Batik Anyer sendiri telah memiliki 14 motif yang menggambarkan kekayaan lokal Anyer dan Kabupaten Serang, seperti Motif Mercusuar, Tugu Nol Kilometer, Golok Ciomas, Karang Bolong, Pendopo Bupati, ikan, laut, dan motif-motif yang lainnya.

Ide pembuatan Batik Anyer sebagai upaya Pemkab Serang untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Serang dengan cara membuka lapangan kerja pembuatan batik. “Keberadaan perajin batik di sini merupakan ide dan gagasan saya dengan Pak Helldy Agustian (tim suporting batik Anyer-red) dan Pak Pramedea Sukaningrat (pembina batik Anyer-red), karena kita tahu permasalahan di Kabupaten Serang adalah pengangguran yang harus dicarikan solusinya,” kata Tatu.

Wilayah Anyer sebagai daerah pariwisata harus mampu menyajikan beragam oleh-oleh bagi para pengunjung yang datang ke Anyer. “Anyerkan daerah wisata, pasti banyak tamu yang datang, biasanya kalau tamu datang harus ada oleh-oleh dan minimal kita punya batiknya. Selain di sini (Anyer-red) ada juga di Kramatwatu yang perajin batiknya sudah kita latih, ada juag di Waringin Kurung. Kita berharap ini terus semakin besar, sehingga pembatik mendapatkan penghasilan,” ujarnya.

Bupati Anyer mengimbau agar masyarakat Kabupaten Serang ikut serta dalam memasarkan produk Batik Anyer dengan cara memakainya, sehingga Batik Anyer bisa berkembang dan dikenal banyak orang. Tim supporting batik Anyer Helldy Agustian mengungkapkan, Batik Anyer tidak berbeda dengan batik-batik yang ada di daerah lain, hanya yang membedakan hanya motifnya saja, dengan mengedepankan kearifan dan kekayaan lokal. Pembina Batik Anyer Pramedea Sukaningrat menjelaskan, pihaknya telah memberi pelatihan terhadap 40 pembatik, namun yang bertahan hanya belasan orang, karena membatik perlu kehati-hatian dan ketekunan.

“Di sini (Anyer-red) ada batik tulis yang proses pembuatannya sampai tiga minggu, kemudian batik cap yang pembuatannya diperlukan waktu tiga hari dan batik printing yang bisa dibuat dalam satu hari. Semua motif yang dipilih memiliki nilai filosofis masing-masing,” kata Pramedea.

Source Batik Anyer Resmi Diluncurkan Batik
Comments
Loading...