Batik Anjuk Ladang

0 526

Batik Anjuk Ladang

Kabupaten Nganjuk memiliki kerajinan dalam bidang kain dan juga merupakan kain dengan tekstil yang memiliki ciri tersendiri yaitu kain Batik Nganjuk. Batik yang berasal dari Kota Nganjuk ini telah memiliki jenis motif batik yang cukup unik dan menggunakan motif batik dengan bentuk stupa atau motif batik yang memperlihatkan bentuk dari monumen anjuk ladang. Motif batik yang berasal dari daerah ini selain memiliki motif yang unik juga memiliki cerita dan juga filosofi dalam setiap motif batik yang mereka miliki.

Salah satu motif batik yang unik adalah Motif Batik Monumen Anjuk Ladang. Motif Batik ini merupakan motif yang dapat menyesuaikan dengan zaman dengan bentuk motif yang menggunakan konsep batik yang bersifat Motif Batik Lawasan. Motif dengan jenis batik ini adalah motif yang menggunakan gambar dengan bentuk pemandangan alam yang menggunakan warna natural, coklat, kemudian warna hitam dan juga warna putih. Motif batik dengan aliran modern yang menggunakan berbagai jenis warna yang cerah seperti warna merah, kuning, oranye dan juga warna hijau.

Ciri motif Batik Anjuk Ladang adalah pada bagian tengah dari Motif Batik ini kita dapat menemukan bentuk Motif Batik yang menggambarkan Prasasti Anjuk Ladang. Prasasti yang ada pada baju batik ini merupakan sebuah motif yang menceritakan mengenai kehidupan masyarakat Jawa pada masa pemerintahan empu sindok. Pada masa tersebut dibangun sebuah bangunan suci bagi masyarakat daerah tersebut yang bernama bangunan Srijayamerta.

Bangunan yang dibuat menjadi sebuah penetapan kawasan Anjuk Ladang kemudian nantinya akan berubah nama menjadi Nganjuk. Batik yang dibuat oleh masyarakat daerah Nganjuk ini cara pembuatannya tidak jauh berbeda dengan pembuatan batik dari daerah lain yang menggunakan teknik batik tulis.

Source Batik Anjuk Ladang Batik
Comments
Loading...