Batik Ambon

0 451

Kota Ambon sekarang sudah memiliki kerajinan batik yang mulai banyak bermunculan di setiap toko oleh-oleh yang ada di Kota Ambon. Hampir semua menjual Batik Ambon. Ada yang dijual masih berupa kain, ada juga yang menjual sudah berupa baju siap pakai. Motifnya pun beragam, mulai dari Cengkeh, Pala, Parang Salawaku dan Penari Ambon. Tetapi ada yang berbeda dengan Batik Ambon yang satu ini. Untuk mendesain Batik Ambon dengan motif biota laut, berupa bintang laut, kerang juga ikan. Batik ini didesain sendiri olehnya, kemudian diproduksi di Solo Jawa Tengah. Salah satu pengrajin batik Ambon adalah Lenny Leimena. Dalam mendesain motif batik Ambon pengrajin memilih motif biota laut karena yang saya lihat selama ini Batik Ambon banyak yang bermotif Cengkeh, Pala dan Parang agar motif batik Ambon berbeda dengan batik dari daerah lain.

Batik Ambon tergolong batik baru karena baru saja diproduksi selama 4 bulan. Walaupun terbilang masih baru, peminatnya sudah sangat banyak. Ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang berbelanja di toko oleh-oleh miliknya di bilangan Tanah Tinggi, yang kemudian membeli Batik Ambon. Selain itu, banyak juga pegawai kantoran yang membeli batik desainnya.

Selain Batik Ambon yang diproduksinya, ia juga menerima titipan Batik Ambon dari produsen lain untuk dijual di toko miliknya. Karena menurutnya, peminat Batik Ambon saat ini sudah mulai banyak. Ini juga yang menjadi alasan ia untuk memproduksi Batik Ambon sendiri. Untuk satu meter batik ambon produksinya, dijual seharga 105 ribu rupiah. Warnanya pun bermacam-macam. Ia lebih memilih warna-warna cerah seperti kuning, oranye dan merah. Untuk satu motif batik, diproduksi 20 meter.

Source Batik Ambon Batik
Comments
Loading...