Batik Alami Kendal

0 164

Batik Alami Kendal

Kota Kendal saat ini juga memiliki industri baju batik yang dibuat dengan motif batik dan pola khas masyarakat Kendal. Para pengrajin batik di wilayah ini pada umumnya membuat batik dengan teknik tulis dan juga teknik cap. Motif yang berkembang di daerah ini merupakan motif yang berasal dari daerah pesisir sehingga memiliki pola yang bebas dan tidak ada pakem yang harus dipatuhi. Beberapa jenis motif yang terkenal dari kabupaten Kendal ini adalah motif kaliwungu, motif weleri dan juga motif limbangan.

Perkembangan Industri batik di daerah Kendal ini dapat disebut telah mengalami yang cukup baik, hal ini terlihat dari banyaknya sanggar dan juga pelaku dalam industri di daerah Kendal seperti Batik Gardenia, sanggar Batik Wahyu, galeri Batik Damara, toko Batik Puspo Kanthil, Batik Pesantren Kaliwungu, sanggar Batik Jambekusuma,serta galeri Batik Sekarwangi dan toko batik Linggo. Para pengusaha ini membuat batik dengan berbagai macam teknik baik itu tulis maupun cap. Daerah Kendal ini masih ada pengusaha baju batik yang masih membuat batik tulis dan cap yang menggunakan warna alami. Pemilihan dengan menggunakan warna alam ini dipilih untuk memberikan ciri khas dan juga menghargai alam lingkungan. Hal ini dilakukan oleh batik Linggo yang lokasinya berada di daerah Desa Gono Barat Gonoharjo.

Proses pembuatan dengan warna alam ini dimulai oleh bapak Rono. Motif batik yang menjadi sumber inspirasi dari para seniman batik di wilayah ini adalah berasal dari lokasi sejarah tempat batu lingga yang juga terletak di wilayah tersebut yang memiliki pola seperti bunga. Bapak Roni yang berasal dari Pekalongan mulai menekuni pembuatan batik cap dan juga tulis yang menggunakan warna alami. Berbagai warna unik ini beliau peroleh dari berbagai bahan alam seperti kayu mahoni, secang dan juga bakau. Proses ini dimulai oleh beliau sejak tahun 2007 yang lalu. Penggunaan warna alami memiliki kelebihan tersendiri dan membuat batik tulis menjadi memiliki nilai lebih terutama bagi masyarakat yang sudah sangat peduli terhadap lingkungan.

Source Batik Alami Kendal Batik
Comments
Loading...