Batik Agustusan

0 49

Batik Agustusan

Ada gambar upacara bendera, tarik tambang, lomba makan kerupuk, dan lainnya. Pada kain lain, gambar yang muncul ialah orang-orang yang memakai baju adat sejumlah daerah di Indonesia. Itulah gambaran dari Batik Agustusan. “Sengaja saya menelurkan ide pembuatan motif batik bertema 17-an menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI,” kata Pemilik Galeri Batik Mruyung, Slamet Hadi Priyanto. Slamet mengaku membuat sendiri gambar-gambar yang akan dijadikan motif batik Agustusan itu. Semangat pluralisme juga ditampilkan melalui gambar orang-orang yang mengenakan berbagai macam pakaian adat. Tak lupa, ia membubuhkan kuda lumping dan tari-tarian daerah.

Yang paling unik dari batik itu ialah motif aneka lomba yang diadakan saat Agustusan, mulai tarik tambang, makan kerupuk, hingga membawa kelereng dengan sendok. Karena Batik Motif Agustusan itu merupakan batik tulis, harga yang ditawarkan juga relatif mahal, mulai dari Rp. 800 ribu hingga Rp. 1 juta per potong. Meski harganya cukup mahal, batik tersebut tetap saja laku. Slamet menduga mereka yang membelinya bakal menjadikan batik itu sebagai koleksi. Jumlah total motif batik bertema Hari Kemerdekaan RI milik Slamet tidak banyak, hanya 8 potong dan hanya tersisa 1 potong yang belum terjual. Sebelumnya, Slamet juga meluncurkan batik bertema Hari Valentine dan Natal. Menjelang Lebaran, Slamet membuat baju koko bermotif batik.

Salah seorang pengunjung, Bambang Sugeng, 47, mengaku salut dengan ide Slamet. Menurutnya, motif batik milik Slamet benar-benar mampu menggambarkan kemeriahan peringatan Agustusan.

Source http://mediaindonesia.com/ http://mediaindonesia.com/index.php/news/read/60806/batik-agustusannya-mas/2016-08-10
Comments
Loading...