Batik Aceh Motif Rencong

0 813

Batik lahir di berbagai pulau di Indonesia. Kali ini akan membahas satu persatu batik dari wilayah lainnya beserta ciri khasnya masing-masing, dan yang pertama akan kami mulai dari bagian barat Indonesia, yaitu  Aceh.

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan batik dari bumi Serambi Mekkah dan ternyata sejak era kerajaan terdahulu masyarakat Aceh sudah mengenal dan mengenakan batik tulis dalam kegiatan kemasyarakatannya. Akan tetapi kemungkinan besar batik pertama kali lahir di Aceh karena ada sangkut pautnya dengan para pendatang dari pulau Jawa sebelumnya, walaupun belum ditemukan kepastian waktu atau tahun atau catatan sejarah yang otentik menjabarkan secara jelas kedatangan orang Jawa ke Aceh.

Seperti batik dari tanah Jawa, kain batik Aceh juga memiliki makna dan filosofi luhur kehidupan di setiap motif batiknya. Beberapa motif batik Aceh diantaranya Motif Batik Rencong.

Motif Batik Rencong Aceh

Rencong merupakan senjata tradisional / khas Aceh yang dahulu digunakan untuk perang kemerdekaan RI, senjata tajam yang mirip dengan belati tapi berbeda dengan pedang atau pisau. Masyarakat Aceh sangat mempercayai bahwa bentuk senjata rencong ini merupakan representasi dari bacaan basmallah atau bismillah.

Sebagian besar masyarakat memakainya baik untuk kegiatan formal maupun non-formal. Sejarah batik aceh yang belum terungkap tidak menyurutkan mereka untuk melestarikannya. Bahkan selepas tsunami tahun 2004, pemerintah Aceh gencar melakukan beberapa pelatihan. Selain dengan tangan, batik aceh juga dibuat dengan cap, sablon, maupun printing.

Source Batik Aceh Motif Rencong Batik Aceh
Comments
Loading...