Batik Aceh Motif Bungong Jeumpa

0 978

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan negara. Inilah yang menjadikan negara Indonesia memiliki berbagai macam kerajinan tangan yang unik dan juga menarik. Salah satu kerajinan tangan di Indonesia yang terkenal adalah Batik. Mulai dari sabang sampai merauke bisa kita temukan berbagai macam batik yang memiliki ciri khas sendiri tiap daerah.

Batik di daerah Aceh, pada jaman dulu ratusan tahun lalu masyarakat Aceh memakai kain batik, ketika datangnya orang-orang dari pulau Jawa ke Aceh. Untuk motif batik aceh memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan perpaduan unsur alam dan budaya dari masyarakat aceh sendiri. Untuk warna yang dominan dipakai dalam batik Aceh adalah warna cerah, seperti warna merah muda, merah, kuning, hijau dan lainnya. Sehingga kain batik akan terlihat cerah dan juga glamour.

Motif Bungong Jeumpa

Bungong Jeumpa atau bunga kantil merupakan salah satu jenis bunga yang paling sering ditemui di Aceh. Bentuknya yang indah lantas menjadi inspirasi dalam pembuatan pola batik aceh. Bungong Jempa sangat digenari para pecinta motif batik aceh dengan tema tumbuhan. Sesuai dengan namanya, bunga ini dapat mewakili keindahan alam di Aceh.

Kini kain batik Aceh atau baju batik Aceh sudah banyak ditemui di toko-toko souvenir di Banda Aceh ataupun di daerah lainnya. Namun, bila anda yang berpergian ke Banda Aceh dan memiliki budget lebih, maka anda bisa membelinya kain batik yang kualitas super hanya di dua tempat. Pertama ada dibilangan jalan protocol T.Umar no 110. Batik Zeans namanya. Atau bisa juga langsung ke Rumah Batik Aceh binaan Pemda Aceh yang berada di daerah Meunasah Manyang Aceh Besar, showroom mereka juga ada di Taman Sari, akan tetapi, disini jarang buka.

Source Batik Aceh Motif Bungong Jeumpa Batik Aceh Bungong Jeumpa
Comments
Loading...