Batik Abstrak Kontemporer

0 200

Batik Abstrak Kontemporer Kulon Progo Mengikuti Perkembangan Zaman

Dalam rangka untuk tetap melestarikan budaya batik yang mengikuti perkembangan zaman, berbagai inovasi dilakukan untuk mengembangkan dan menarik pasar. Salah satunya adalah batik abstrak kontemporer Kulon Progo yang merupakan batik tulis tanpa motif dengan cap atau dicetak.

Meskipun pembuatannya menggunakan cap atau dicetak namun, dibuat dengan karya tangan dan kreativitas tinggi agar menghasilkan corak dan warna-warni batik yang menarik. “Kami berusaha memproduksi batik yang berbeda dengan produsen batik lain. Kami menciptakan berbagai motif batik untuk menarik konsumen. Sampai saat ini permintaan batik abstrak kontemporer sangat tinggi. Motif ini juga bagus dalam segala situasi,” tutur Gito, salah satu pengrajin batik di Kulon Progo.

Sementara itu Wakil Ketua Asosiasi Pengrajin Batik Kulon Progo Umbuk Haryanto mengatakan, selama ini sekitar 20 perajin batik yang tergabung dalam asosiasi mampu memproduksi sekitar 500 hingga 1000 lembar kain batik per bulan, tergantung pemesanan dan tingkat kesulitan motif batiknya. Umbuk berharap dengan adanya bandara baru di Kecamatan Temon, produksi para pebatik lokal mendapat fasilitas ruang pamer untuk promosi dan penjualan di lokasi tersebut.

Source http://kabare.id/index http://kabare.id/berita/batik-abstrak-kontemporer-kulon-progo-mengikuti-perkembangan-zaman
Comments
Loading...