Barli Asmara Tampilkan Pesona Batik dan Songket Jambi di JFW 2018

0 12

Barli Asmara Tampilkan Pesona Batik dan Songket Jambi di JFW 2018

Mengangkat batik dan songket motif Jambi, Barli Asmara mengeluarkan koleksi terbarunya di Jakarta Fashion Week 2018. Mengusung tema “Jambi Kain Negeriku”, berbagai motif cantik dari Jambi dituangkan dalam kain sutra, semi sutra kembang, viscose, sifon dan organdi.

Sedangkan motif Jambi yang dikeluarkan dalam koleksinya kali ini. Antara lain motif batang hari, motif daun karet, motif durian pecah, motif sawit, motif tampu manggis, motif rotan, motif bunga sepatu, dan motif kelupaku. Warna-warna pastel tetap menjadi ciri khas koleksinya. Kesan elegan, klasis, glamour tergambarkan dalam potongan gaun malam bersiluet A-line, mermaid dan beberapa gaun menggunakan layer atau buntut.

Batik dan songket menjadi sebuah warisan budaya bangsa yang sangat dibanggaan dan perlu dilestarikan serta dikembangkan keberadaannya. Walau batik dan songket merupakan salah satu warisan budaya yang membanggakan. Namun perlu diakui bahwa masih banyak pengrajin batik dan songket yang termarjinalkan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan para pengrajin tentang bagaimana cara pemasaran yang tepat dan menguntungkan.

Saat ini pemasaran masih terbatas pada pembelian wisatawan yang berkunjung ke daerah mereka atau pada masyarakat sekitar yang memerlukannya. Belum lagi permasalahan minat masyarakat terhadap batik dan songket Jambi karena materilnya yang berat.

Barli Asmara sebagai Duta Jambi 2017 kemudian melakukan pembinaan, workshop, dan sosialisasi pengembangan motif serta warna dari kain batik dan songket Jambi. Hal ini dilakukan selama 10 bulan terakhir dan akhirnya dipresentasikan dalam Jakarta Fashion Week 2018.

Perlu ada kreasi-kreasi baru untuk dapat mempopulerkan kain batik dan songket Jambi di kalangan masyarakat. Para pengrajin juga perlu diberikan wadah agar bisa memasarkan warisan bangsa ini dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

Karena itu, selain dari pemerintah, peran pemerhati seni dan para profesional fesyen untuk mengangkat  dan mempopulerkan batik dan songket sangat dibutuhkan. Tiap koleksi Barli Asmara kali ini dipercantik dengan aksesori dari Le Ciel Design, sepatu dari Dekafe Shoes. Sedangkan makeup flawless dan memesona dipersembahkan dari tangan halus Panji Handoko.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-kegiatan/peristiwa/barli-asmara-tampilkan-pesona-batik-dan-songket-jambi-di-jfw-2018-5410
Comments
Loading...