Barli Asmara luncurkan koleksi batik bergaya modern

0 60

Barli Asmara luncurkan koleksi batik bergaya modern

Nama Barli Asmara sudah cukup lama ada di jajaran para perancang mode Indonesia. Rancangannya dikenal dengan gaya klasik dan elegan. Ia pun selalu memberi penekanan bahwa karya-karyanya sangat mementingkan unsur kerajinan tangan yang mendetail. Misalnya saja payet, smocked, bordir dan pengolahan bahan lainnya.

Perpaduan antara desain yang modern dan elegan menghasilkan rancangan busana perempuan dengan sentuhan klasik nan unik. Meskipun saat ini ia telah memiliki tujuh lini pakaian, ia tetap secara konsisten menghiasi setiap garis rancangannya.

Komitmen Barli untuk memajukan Indonesia melalui beragam hasil karya di dunia mode telah membuahkan pengakuan dari pencinta mode tanah air. Tujuh label koleksi rancangan yang dimilikinya menjadi bukti eksistensinya di dunia mode.

Ketujuh label tersebut yaitu Barli Asmara Couture untuk koleksi adibusana; label BARLI by Barli Asmara untuk busana siap pakai; Barli Asmara Uniform B untuk busana muslim siap pakai; Tofftop8 untuk anak-anak; Aaliah Asmara yang hanya bisa dipesan di Brunei Darussalam; Sui yang bergaya semi-formal; dan yang terbaru adalah Nitieq Batik.

Lini Nitieq Batik yang baru saja didirikan April lalu, seperti namanya, memang dibuat untuk mewujudkan dedikasinya pada kain tradisional Indonesia, khususnya batik.

Pada hari ketiga Fimela Fest 2016 akhirnya Nitieq Batik meluncurkan rangkaian koleksi perdananya yang bertajuk “Floral Wonderland”.

Rangkaian koleksi perdana ini disebut “Floral Wonderland” karena seluruh rancangannya kali ini akan dipenuhi dengan corak batik bunga. Corak tersebut juga berpadu dengan aneka corak lainnya dan melahirkan batik baru yang lebih modern dan mewah.

Warnanya didominasi hijau, merah tua, oranye, cokelat dengan semburat pastel di sana sini. Untuk model pakaiannya, lelaki 38 tahun ini tetap berkiblat pada ciri khasnya yang klasik dan elegan. Floral Wonderland mengambil gaya klasik dari era 1950-an namun dibuat dalam model pakaian siap pakai.

Misalnya saja model pakaian dengan baju terbuka dan berlengan lonceng. Ada juga model jubah, celana kulot dan atasan pendek sebatas pusar. Ada pula koleksi pakaian anak-anak bermodel gaun santai. Untuk para lelaki, ada beragam pakaian dengan gaya lengan raglan serta jaket. Motif batik pun menjadi corak di bagian lengan atau bagian depan tubuh pada pakaian berbentuk kaus atau baju hangat ini.

Dijumpai Beritagar.ID pada konferensi pers di Fimela fest 2016 lalu, Barli sempat menyebutkan moto lininya kali ini, “Let’s wear local, let’s think global”. Ungkapan tersebut dapat diartikan sebagai “Mari mengenakan produk lokal, mari berpikir secara global.”

Perancang busana yang tak pernah mengenyam sekolah formal di bidang mode ini memang mengatakan ingin sekali mengajak masyarakat Indonesia untuk dapat mencintai kebudayaan lokal. Bukan hanya sekadar membeli produk yang dijual di dalam negeri, namun juga membeli hasil karya para pengrajin tradisional, baik pengrajin kain, maupun produk tradisional lainnya.

Seperti juga diutarakan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf pada acara tersebut, minat dan daya beli masyarakat Indonesia terhadap kain tradisional dan olahannya akan membuat nilai kain tersebut naik.

Munaf mengatakan produk tradisional pun akan bisa ‘naik kelas’ dan dijual dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini tentu bukan hanya baik bagi perekonomian negara, namun juga baik untuk melestarikan kebudayaan tanah air.

Source https://beritagar.id https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/barli-asmara-luncurkan-koleksi-batik-bergaya-modern
Comments
Loading...