Banyak Peminat, Ternyata Ini Inspirasi Munculnya Batik Motif Garuda Khas Pati

0 82

Banyak Peminat, Ternyata Ini Inspirasi Munculnya Batik Motif Garuda Khas Pati

Perkembangan industri batik khas Pati kian menggurita. Tidak hanya batik Bakaran yang sudah lama dikenal banyak orang, batik Godo dengan motif garuda juga mulai menusantara. Bahkan, perkembangannya sangat pesat.

Dengan mengambil tema sejarah, batik Godo tersebut sudah banyak digandrungi warga Mina Tani. Bahkan orang-orang dari luar daerah juga banyak yang sudah memesan batik tersebut melalui online maupun secara langsung.

Adalah Tri Widayati, warga Desa Godo, Kecamatan Winong yang menciptakan batik tersebut. Dia mengaku, mendapatkan ispirasi batik garuda itu dari sejarah Desa Godo sendiri, yang merupakan pusat Kadipaten Parang Garudo.

”Dari motif garuda tersebut, kemudian kami mengembangkan menjadi Garuda Krido Kencono dan Ringin Kembar,” ungkapnya.

Menurutnya, motif ringan kembar itu diambil dari keberadaan beringin kembar yang ada di dekat lapangan desa setempat. Berdasarkan penuturan warga setempat, ringin itu sudah ada sejak ratusan tahun silam.

”Kedua motif batik itu memang sengaja kami ambil untuk mengabadikan sejarah dalam bentuk kerajinan batik Godo,” tegasnya.

Ada beberapa keistimewaan dari batik khas Pati ini, selain bahannya tidak luntur dan tahan lama, motifnya juga sangat unik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Karena itulah, batik tersebut banyak diminati masyarakat, batik dari Pati sendiri maupun dari luar daerah.

Dirinya berharap, dengan berbagai bentuk macam promosi tersebut, batik khas Godo semakin berkembang, sehingga batik tersebut semakin diminati masyarakat. Dengan begitu, produksi batik juga meningkat, sehingga batik Godo bisa semakin menusantara, bahkan mendunia.

Source https://www.murianews.com https://www.murianews.com/2018/04/19/140920/banyak-peminat-ternyata-ini-inspirasi-munculnya-batik-motif-garuda-khas-pati.html
Comments
Loading...