Bantul Bakal Gelar Festival Batik 2018

0 42

Bantul Bakal Gelar Festival Batik 2018

Pemkab Bantul bakal menggelar Festival Batik tingkat nasional sekitar Oktober mendatang. Selain sebagai ajang promosi produk batik asli Bantul, gelaran ini juga akan menjadi ajang untuk semakin meningkatkan gairah pengrajin batik Bantul untuk berinovasi. “Batik, khususnya yang memakai kain ini bersifat dinamis kaitannya dengan desain, terutama dari sisi motifnya. Festival ini akan jadi menjadi media para pengrajin menunjukkan desain batik yang dinamis ini,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Industri Bantul, Sulistiyanto.

Selain itu, festival juga akan dijadikan media penegas, bahwa batik sudah menjadi salah satu roda penggerak perekonomian di Bantul. Terbukti di setiap kecamatan, terdapat pengrajin batik dengan jumlah yang bervariasi. Sementara sentra batik seperti Giriloyo tetap menjadi salah satu yang terbesar.

Harapannya, melalui festival ini geliat industri batik di Bantul akan semakin bergairah seiring dengan tantangan ekonomi global yang terus berkembang. Sulistiyanto pun optimis, batik masih akan terus eksis di Bantul selama Pemda serius merawatnya. Salah satunya melalui festival seperti ini.

“Lokasi festival masih dibahas. Nanti sebelum juga akan digelar workshop untuk menyaring peserta. Dalam workshop itu kita juga ingin menampung aspirasi pengrajin batik. Tentang bagaimana menghadapi kendala yang ada mulai dari bahan baku, produksi sampai pemasaran batik,” kata Sulistiyanto.

 

Source http://jogja.tribunnews.com/ http://jogja.tribunnews.com/2018/05/28/bantul-bakal-gelar-festival-batik-2018
Comments
Loading...