infobatik.id

Bangkitkan Batik Indigo Khas Borobudur

0 40

Bangkitkan Batik Indigo Khas Borobudur

Kawasan Borobudur menyimpan banyak beraneka ragam potensi dan budaya. Salah satu potensi yang pernah besar adalah Batik Indigo khas Borobudur yang pernah ada pada abad 18 tepatnya pada zaman Belanda. Sejak zaman itu, batik dengan warna Indigo hilang dan tak pernah ditemukan lagi. Kini batik dengan pewarnaan alami dari Pohon Indigofera atau pohon nila itu kembali dibangkitkan oleh seorang polisi.

Dia adalah Ipda Kukuh Leksono. Di Tingal Laras Batik Artwork yang beralamat di Dusun Tingal Kulon Desa Wanurejo Borobudur dia memulai kreasinya dengan menggandeng masyarakat sekitar. “Batik dengan pewarna alami indigo ini pernah besar di Borobudur. Warnanya khas karena diambil dari pohon Nila yang nutrisinya berasal dari air di lereng Pegunungan Menoreh,” kata Ipda Kukuh.

Ada kajian bahwa batik indigo pernah besar di Borobudur. Dimana, ada peta jaman belanda yang menunjukkan keberadaan pabrik indigo ini. Batik yang dikembangkan diberi nama Sri Maharaja Samaratungga. Raja yang membangun Candi Borobudur. Motif batiknya terinspirasi dari relief Candi Borobudur dan sekitarnya, yang kemudian di padu dengan warna alam. Warna unggulannya adalah biru yang di hasilkan dari daun pohon Indigofera atau pohon nila.

Source https://www.jawapos.com/radarsemarang https://www.jawapos.com/radarsemarang/read/2017/11/03/24190/polisi-ini-bertekad-bangkitkan-batik-indigo-khas-borobudur
Comments
Loading...