Balijava Batik Kudus ‘Wedari’ Ungkap Motif Batik Kudus

0 32

Balijava Batik Kudus ‘Wedari’ Ungkap Motif Batik Kudus

Kecintaan terhadap kain tradisional Indonesia dan semangat untuk membawa Warisan Nusantara ke panggung fashion, menyatukan Bakti Budaya Djarum Foundation bersama Denny Wirawan untuk mengangkat Batik Kudus sebagai satu warisan wastra dari pesisir Jawa Tengah, Indonesia ke panggung fashion. Bertajuk ‘Wedari’ koleksi terbaru Balijava Batik Kudus disuguhkan dalam peragaan busana di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis 28 September 2017. Wedari yang memiliki arti taman bunga ini merupakan pagelaran kolaborasi Bakti Budaya Djarum Foundation bersama Denny Wirawan yang memadukan fashion, budaya, teknologi, dan musik karya anak bangsa yang dikemas dalam sebuah pertunjukan menarik.

Batik Kudus menjadi inspirasi koleksi terbaru yang dibuat Denny Wirawan pada pagelaran busana Wedari yang merupakan warisan budaya dari pesisir Jawa Tengah yang berkembang sejalan dengan perkembangan kerajaan di Jawa. Namun, dibandingkan dengan batik daerah lain, Batik Kudus kurang populer dan para pembatik mengalami kesulitan regenerasi. Hal ini mendorong Bakti Budaya Djarum Foundation untuk membangun kelompok pembatik muda dan menggagas pembinaan serta mengadakan pelatihan secara rutin sejak 2011 demi mengangkat dan menghidupkan kembali industri dan Motif Batik Kudus.

Berbeda dari sebelumnya, Denny kali ini benar-benar terlibat secara langsung dalam proses pembatikan bersama dua kelompok pembatik binaan Bakti Budaya demi mendapatkan motif yang diinginkan. Banyak tantangan yang mewarnai dalam proses kreatifnya. Namun berkat komitmen yang kuat serta kerja keras Denny dan para pembatik, koleksi pun dapat rampung sesuai target. Motif flora dan fauna nan elok dengan penuh warna ceria yang mengandung unsur hangat dan dingin semakin menambah khasanah kekayaan ragam motif wastra ini. Semuanya dikemas ulang oleh Denny dengan sentuhan kekininan tanpa meninggalkan kekhasan batik kudus itu sendiri. Malam peragaan busana ‘Wedari’ tampil sebagai sebuah pentas mode yang penuh harmoni dengan memadukan elemen tradisional serta kemajuan teknologi masa kini.

Source https://www.tembi.net/berita-budaya/ https://www.tembi.net/2017/10/03/balijava-batik-kudus-wedari-ungkap-motif-batik-kudus/
Comments
Loading...