Baju Batik yang Dicetak

0 186

Baju Batik yang Dicetak

Proses pembuatan motif batik dengan teknik cetak mesin terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah teknik sablon yang menggunakan tangan, teknik ini menggunakan pelat dan juga teknik cetak yang menggunakan sistem berputar. Teknik berputar adalah teknik sablon yang cara mencetak motif dilakukan secara berputar memakai silinder. Tiap teknik yang baru disebutkan di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini berhubungan hasil akhir cetakan yang dihasilkan yaitu dilihat melalui ukuran gambar dan juga dilihat dari kualitas dan detail motif baju batik. Harga kain yang dihasilkan dari proses batik cetakan ini biasanya diberi harga yang relatif murah serta biasanya di produksi secara massal.

Pembuatan dikerjakan lebih banyak bertujuan agar biaya yang timbul dari pembuatan film yang menjadi layar untuk alat cetakan tersebut bisa tertutupi dengan memproduksi lebih banyak cetakan motif baju batik. Biaya untuk pembuatan film atau pelat untuk cetakan memang cukup mahal, sehingga bila hanya dibuat sedikit, harga baju batik cetakan yang dibuat dengan motif batik bisa menjadi mahal seperti baju batik tulis atau cap padahal mempunyai kualitas yang jauh berada di bawah batik tulis dan batik cap tersebut. Bentuk yang dihasilkan dari motif dan pelengkap yang ada pada gambar di setiap lembaran kain hasil cetakan sudah pasti akan memiliki kesamaan motif yang persis antara kain yang satu dengan kain yang lainnya. Kain batik hasil cetakan mesin biasanya dibuat dalam bentuk gulungan. Satu gulungan bisa memiliki panjang sampai lebih dari seratus meter.

Batik saat ini telah memiliki motif dan cara pembuatan yang beragam sehingga dapat menyesuaikan dengan selera. Berikut ini beberapa cara untuk memilih baju batik yang sesuai dengan keinginan. Pertama adalah mengetahui kain batik jenis apa yang ingin kita miliki dan tentu ini menyesuaikan dengan kondisi kantong kita. Jika baju batik tulis menjadi pilihan hal yang harus dipastikan adalah bagian dalam baju batik dan bagian luarnya memiliki motif yang sama, hal ini menjadi ciri yang membedakan dengan kain dengan motif batik yang lebih terang pada kain bagian luar dan warnanya tampak buram pada kain bagian dalam.

Source Baju Batik yang Dicetak Batik
Comments
Loading...