Baju Batik Mukomuko Segera Diluncurkan

0 23

Baju Batik Mukomuko Segera Diluncurkan

Pemkab Mukomuko segera meluncurkan baju khas batik Mukomuko. Saat ini OPD terkait tengah merancang dan telah mendatangi pihak ketiga yang akan mencetak baju batik tersebut. “Kita rencanakan dalam waktu dekat, tepatnya ketika HUT Kabupaten Mukomuko di bulan Februari 2019 ini sudah bisa digunakan,” ungkap Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko, A Halim SE MSi melalui Sekretaris Nurdiana SE MAP dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (9/1). Menurutnya, motif di baju tersebut yang akan digunakan adalah pemenang pertama yang telah ditetapkan tahun 2018 lalu.

Yakni motif ikan mikih, lokan dan lainnya. Batik yang digunakan adalah batik cap. “Kita gunakan dulu desain batik ikan mikih dan lokan,” katanya. Ia juga menyampaikan, peluncuran baju batik itu adalah perdana dan baru sebatas tahap ujicoba. Sekaligus promosi awal bahwa Kabupaten Mukomuko sudah punya batik khas tersendiri. Termasuk nantinya dari desain motif-motif lainnya yang sudah menjadi milik Pemkab Mukomuko juga akan divariasikan dengan motif lainnya. Nurdiana juga menyampaikan, pemenang lomba desain batik khas Mukomuko adalah dengan judul batik Tando Pusako. Dalam desain batik itu hampir seluruhnya mewakili.

Diantaranya, ada unsur cerano, lokan, jejak rebung dan sawit yang menjadi salah satu kekuatan masyarakat di daerah ini. “Yang jelas, baik itu pemenang satu, dua, tiga dan lainnya. Motif-motif tersebut akan kita kombinasikan. Karena ini juga perlu waktu dan tidak menghilangkan ciri khas batik Indonesia,”bebernya.  Jika batik khas Mukomuko sudah dinilai lebih baik. Tinggal lagi dilakukan penyempurnaan hingga selanjutnya daerah ini benar-benar mempunyai batik khas Mukomuko yang dapat di promosikan di tingkat nasional hingga internasional.

Source https://bengkuluekspress.com https://bengkuluekspress.com/baju-batik-mukomuko-segera-diluncurkan/
Comments
Loading...