Baju Batik Indramayu

0 49

Baju Batik Indramayu

Indramayu merupakan sebuah kota yang berada di daerah pelabuhan dan juga merupakan sebuah kota yang menjadi pusat perdagangan pada masanya. Dari lokasi nya yang berdekatan dengan kota Cirebon membuat motif batik yang berkembang di daerah ini memiliki bentuk yang mirip antara satu sama lain. Satu hal yang unik adalah kedua daerah ini memiliki perbedaan dalam seni batik nya namun di lain pihak juga memiliki kesamaan bentuk dalam motif batik yang mereka buat. Batik Indramayu dibuat dengan bentuk motif batik yang datar, bersifat lugas dan juga memiliki bentuk yang sederhana serta tidak memiliki makna khusus dalam batik mereka.

Sementara batik yang berkembang di daerah Cirebon ini merupakan motif batik yang dibuat dengan memiliki makna dan juga lambang, serta dibuat dengan aturan tertentu. Motif baju batik dari daerah Cirebon ini memiliki bentuk pola dan juga gambar yang mirip dengan lukisan dan memiliki bentuk karakter garis yang halus dan juga motif batik yang detail. Motif baju batik yang ada di Indramayu ini dibuat dengan menggunakan ragam hias yang khas dari wilayah pesisir sementara motif batik yang berkembang di daerah Cirebon merupakan motif batik yang banyak berasal dari wilayah keraton dengan budayanya yang kuat.

Daerah Indramayu ini pada zaman dahulu merupakan sebuah daerah yang memiliki pelabuhan yang cukup besar yang memperdagangkan banyak barang dari bangsa Cina seperti keramik, kain sutra dan berbagai macam hal. Budaya dari masyarakat Cina ini kemudian banyak diserap oleh masyarakat Indramayu dan kemudian muncul dalam seni batik yang mereka buat. Ditambah lagi dengan banyak dari pendatang Cina tersebut yang akhirnya menetap di wilayah Indramayu ini yang membuat terjadinya interaksi sosial budaya yang sangat baik antara mereka dengan penduduk pribumi. Hal ini terlihat dari paduan budaya yang muncul pada ragam hias baju batik yang dibuat oleh masyarakat Indramayu.

Source https://batikfashionista.wordpress.com https://batikfashionista.wordpress.com/2016/03/16/baju-batik-indramayu/
Comments
Loading...