Bahan Pewarna Alami Batik dari Buah Soga

0 105

Bahan Pewarna Alami Batik dari Buah Soga

Batik merupakan salah satu budaya khas Indonesia yang sudah sejak jaman dahulu. Dan mereka membuatnya dengan kreativitas yang mungkin sekarang akan sulit dibayangkan. Karena dengan peralatan dan bahan yang masih tradisional, mereka sanggup membuat sebuah karya yang sangat indah.

Pada umumnya, dalam pembuatan batik. Dahulu kala nenek moyang kita masih menggunakan bahan pewarna alami untuk batik yang mereka hasilkan tanpa menggunakan bahan pewarna sintesis seperti yang banyak digunakan di masa sekarang.

Bahan pewarna alami ini juga tidak bisa disandingkan dengan pewarna sintesis. Baik itu dari sisi kualitas maupun sisi naturalnya. Karena bahan pewarna alami sangat ramah lingkungan. Dan hal inilah yang membuat motif batik Indonesia sangat terkenal di dunia Internasional. Berikut ini ada pewarna alami yang berasal dari buah soga. 

Soga, adalah bahan pewarna alami yang sudah lama dikenali dan sering digunakan sebagai salah satu pewarna untuk kain batik. Pohon ini dapat ditemui di berbagai tempat di Indonesia dan biasanya yang digunakan adalah bagian kulit kayu dari pohon soga.

Ada tiga macam jenis pohon Soga yang biasanya digunakan yaitu diantaranya adalah :

Soga Tegeran

Tanaman Soga Tegeran, tanaman ini biasa dikenal sebagai tanaman perdu berduri, dan bisa menghasilkan warna kuning untuk bahan pewarna alami batik. Biasanya dapat kita temui di wilayah Jawa, Madura, Kalimantan, dan Sulawesi.

Soga Tingi

Tanaman ini hampir sama dengan Soga Tegeran, namun untuk membedakannya adalah tanaman ini memiliki jenis daun majemuk yang bergerombol di ujung cabang. Dan juga tanaman ini dapat menghasilkan warna merah gelap atau kecoklatan untuk bahan pewarna alami kain batik.

Soga Jambal

Soga Jambal atau biasa dikenal sebagai Yellow Flamboyant. Tak jauh beda dengan saudara yang sebelumnya, tanaman soga Jambal juga dapat dimanfaatkan sebagai penghasil alami pewarna batik. Perbedaannya adalah tanaman ini dapat tumbuh lebih tinggi mencapai 25 meter daripada tanaman yang sebelumnya.

Dan juga pada musim bunga tiba, tanaman ini akan terlihat indah dengan tandan bunga warna kuning yang bermekaran. Dari tanaman ini dapat menghasilkan warna coklat kemerahan dari batang kayunya.

Dari ketiga tanaman Soga diatas. Untuk mendapatkan pewarna alami kain batik, tanaman Soga ini harus diekstrasi terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan bahan-bahan fiksasi sebagai bahan penguat warna untuk mendapatkan bahan pewarna alami yang diinginkan.

Source https://obatrindu.com/ https://obatrindu.com/bahan-pewarna-alami-batik/
Comments
Loading...