Bahan Pewarna Alami Batik dari Biji Buah Pinang

0 48

Bahan Pewarna Alami Batik dari Biji Buah Pinang

Batik merupakan salah satu budaya khas Indonesia yang sudah sejak jaman dahulu. Dan mereka membuatnya dengan kreativitas yang mungkin sekarang akan sulit dibayangkan. Karena dengan peralatan dan bahan yang masih tradisional, mereka sanggup membuat sebuah karya yang sangat indah. Pada umumnya, dalam pembuatan batik. Dahulu kala nenek moyang kita masih menggunakan bahan pewarna alami untuk batik yang mereka hasilkan tanpa menggunakan bahan pewarna sintesis seperti yang banyak digunakan di masa sekarang.

Bahan pewarna alami ini juga tidak bisa disandingkan dengan pewarna sintesis. Baik itu dari sisi kualitas maupun sisi naturalnya. Karena bahan pewarna alami sangat ramah lingkungan. Dan hal inilah yang membuat motif batik Indonesia sangat terkenal di dunia Internasional. Salah satunya adalah biji buah pinang. Pohon Pinang, pohon yang paling umum dan tersebar di berbagai tempat di Indonesia ini juga merupakan bahan pewarna alami untuk batik. Pohonnya cukup tinggi dengan batang yang kecil dan kurus tanpa adanya cabang atau ranting. Lebih mirip seperti pohon kelapa tetapi tidak ada gerigi di pohonnya.

Biji buah dari pohon pinang yang sudah tua dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami kain batik. Caranya adalah dengan menumbuk biji pinang sampai halus lalu dicampur dengan air untuk menjadi larutan pewarna. Bahan pembuatan warna alami batik dari biji buah Pinang ini sudah lama diterapkan oleh masyarakat Papua pada kain batik tradisional mereka, yaitu batik Papua. Dan pada penerapannya, batik ini menghasilkan warna coklat kemerahan dan warna hitam pada kain batik.

Source https://obatrindu.com https://obatrindu.com/bahan-pewarna-alami-batik/
Comments
Loading...