Bahan Batik Tulis : Kain Mori

0 689

Jenis Kain Mori

Kain merupakan bahan yang sangat utama dalam proses pembuatan batik kain. Dimana kain ini merupakan bahan dasar tempat kita untuk membuat gambar batik. Untuk mengahasilkan gambar batik yang maksimal, perlu adanya kualitas kain yang tidak sembarangan. Sehingga kain yang digunakan untuk mebatik ini harus memiliki spesifikasi khusus.

Terdapat berbagai macam jenis kain yang beredar di pasaran. Akan tetapi kita harus jeli dan mengetahui mana-mana saja kain yang biasa digunakan untuk membuat batik dan mana saja kain yang tidak dapat digunakan. Misalnya saja kaos polos combed, sangatlah jarang orang yang menggunakan bahan tersebut sebagai bahan untuk membuat kain batik. Kualitas kain inilah yang mempunyai pengaruh besar terhadap harga kain batik yang akan dipasarkan. Kain yang biasa dipakai membuat batik tulis adalah jenis kain mori. 

Kain Mori merupakan kain berwarna putih yang tebuat dari kapas dengan cara di tenun. Kain mori yang biasa digunakan sebagai kain batik ini memiliki 2 jenis berdasarkan prosesnya. Pertama kain mori yang telah mengalami proses pemutihan atau biasa disebut dengan bleaching dan yang kedua adalah kain mori yang belum mengalami proses pemutihan yaitu kain blacu.

Bahan mori sebagai bahan utama karena kain jenis ini lebih mudah pada proses pembatikannya. Selain itu halusnya tekstur pada kain mori ini juga terlihat jelas sehingga dapat mempengaruhi kualitas dari batik yang akan dihasilkan. Jenis kain mori ini juga masih di golongkan menjadi 3 macam, antara lain yaitu: Kain Mori Primissima, Kain Mori Prisma, dan Kain Mori Prisma.

Source Bahan Batik Tulis : Kain Mori Bahan Batik Tulis
Comments
Loading...