Bahan Batik Tulis : Kain Katun

0 269

Kain Katun

Bahan utama ialah material yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk di mana keberadaan bahan utama ini akan terlihat/nampak pada produk jadinya. Bahan utama untuk pembuatan batik adalah kain. Tidak semua jenis kain bisa digunakan untuk membatik, hanya kain berbahan tertentu yang bisa digunakan agar hasil batikan maksimal. Kain yang digunakan untuk batik harus memenuhi persyaratan teknis antara lain tidak rusak karena pengaruh proses batik, dan dapat diberi warna pada suhu dingin atau suhu kamar karena lilin batik sebagai perintang warna tidak tahan suhu panas. Pada umumnya jenis-jenis kain yang dapat dibuat dari serat alami seperti serat selulosa atau tumbuh-tumbuhan dan serat protein atau binatang dapat memenuhi persyaratan tersebut. Terdapat jenis-jenis kain yang digunakan untuk proses membatik selain kain mori terdapat kain katun yang bisa digunakan untuk membatik.

Kain katun merupakan kain batik yang sudah umum di gunakan untuk membuat batik kain. Kain katun juga memiliki beberapa tingkatan yaitu kain katun polisima, kain katun primissima dan kain katun prima. Kain katun primisima lebih bagus dari katun prima, dari masing-masing jenis kain tersebut juga masih memiliki tingakatan tersendiri.

Kain kasar dan tipis, agak halus (antara halus dan kasar) dan agak tebal (antara tipis dan tebal) serta tebal dan halus. Semua jenis kain tersebut sesuai dengan campuran serat kapas yang di gunakan untuk membuat kain tersebut.

Source Bahan Batik Tulis : Kain Katun Kain Katun
Comments
Loading...