Awal Munculnya Kerajinan Batik Blora

0 373

Awal Munculnya Kerajinan Batik Blora

Kerajinan Batik Blora mulai muncul pada tahun 2009. Batik Blora diperkenalkan sebagai simbol potensi yang ada di Kabupaten Blora yang 40% luasan wilayahnya merupakan hutan jati. Blora juga dikenal dengan hasil bumi, kesenian, dan makanan khas daerahnya. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga batik Blora berbeda dengan motif daerah lainnya. Selanjutnya Pemda setempat mendesain Batik Blora yang mengusung kekhasan Blora, seperti Kilang Minyak, Barongan, Sate, Daun Jati, dan Tayub. Serta membina para ibu-ibu di pedesaan untuk menjadikan satu kelompok pengrajin batik.

Perkembangan Batik Blora sangat pesat sampai saat ini, yang semula memiliki 10 kelompok sekarang berkembang menjadi 46 kelompok pengrajin batik. Bahkan dalam pasarannya tidak pernah sepi dan batik Blora selalu diminati oleh daerah-daerah lain.

Batik Blora merupakan batik yang memiliki ciri khas Kabupaten Blora yaitu pohon jati, minyak bumi, kesenian barongan, kesenian tayub, sate ayam, dan lain-lain. Batik Blora memiliki ciri khas sesuai dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Blora yang bergerak dilingkup minyak bumi, pohon jati, meubel berhiaskan Motif Cukit, makanan khas blora yaitu sate ayam dan lontong tahu, serta kesenian barongan dan tayub. Kesenian barongan merupakan kesenian khas Blora dimana menggambarkan kehidupan masyarakat Blora. Kesenian barongan sudah ada sejak zaman dahulu yang sudah turun temurun dan dilestarikan di Kabupaten Blora. Blora sebuah Kabupaten, Provinsi Jawa Tengah, yang terkenal dengan kesenian barongnya. Batik Blora mengembangkan corak yang khas sesuai dengan budaya masyarakat Blora.

Source http://www.widyasari-press.com/ http://www.widyasari-press.com/index.php?option=com_content&view=article&id=479:corak-batik-dan-maknanya-dalam-budaya-masyarakat-blora&catid=68:vol-17-no-4-september-2015-seri-v
Comments
Loading...