Awal Batik Jombang

0 160

Awal Batik Jombang

Kota Jombang baru memulai industri pembuatan batik sekitar tahun 2000 dan sejak saat itu perkembangannya cukup baik walau belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Walaupun terhitung sebagai pemain baru dalam industri batik, namun kota Jombang saat ini telah memiliki banyak ragam motif batik yang indah dan memperlihatkan keindahan kebudayaan masyarakat Jombang dalam motif baju batik yang mereka buat. Batik Jombang pada umumnya memiliki corak dan pola yang memperlihatkan nuansa alam yang ada di sekitar alam Jombang.

Berbagai motif batik yang ada adalah motif batik yang memperlihatkan bentuk bunga melati, motif tebu, cengkeh, pohon jati dan juga Motif Batik Candi Arimbi. Motif batik ini adalah motif batik yang khas daerah Jombang yang ide nya berasal dari peninggalan sejarah kerajaan Majapahit. Walaupun industri ini masih cukup baru di Jombang, namun para seniman batik di kota ini cukup kreatif dan juga cukup rajin untuk membuat berbagai macam motif batik yang menjadi ciri dari Kota Jombang. Salah satu seniman yang membuat motif batik batik yang modern adalah Bapak Sugiono. Beliau telah berhasil menciptakan sangat banyak motif batik dan hampir berjumlah ratusan motif batik yang sangat unik yang menjadi ciri dari kota ini.

Perkembangan batik di Kota Jombang ini juga mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah setempat. Dukungan dari pemerintah ini ditunjukkan dengan dibukanya sanggar kerajinan pembuatan baju batik. Munculnya tempat ini membuat Batik Jombang dapat lebih dikenal oleh masyarakat Jombang sendiri dan juga masyarakat luas seperti masyarakat kota lain dan juga masyarakat dunia internasional. Munculnya sanggar batik ini pada akhirnya dapat membuat para seniman batik di kota ini dapat lebih maju dan juga lebih kreatif dalam menciptakan berbagai macam motif batik.

Source http://caritabatik.webs.com/ http://caritabatik.webs.com/apps/blog/show/43536905-awal-batik-jombang http://www.batikhush.com/
Comments
Loading...