Asal Mula Motif Sawunggaling

0 100

Asal Mula Motif Sawunggaling

Batik Sawunggaling adalah karya Go Tik Swan, seorang pembatik terkemuka asal Solo. Ia bahkan dikenal sebagai pencipta Batik Indonesia demi memenuhi gagasan Bung Karno. Dalam buku Batik dan Membatik karya Chandra Irawan Soekanto, batik sawunggaling menggambarkan pertarungan dua burung Gurda. Gurda berasal dari kata Garuda.

Dalam cerita-cerita rakyat Indonesia, burung Garuda adalah burung yang sangat kuasa dan kuat dan dapat mengalahkan manusia. Dengan begitu, motif gurda ini menggambarkan kegagahan dan keberanian. Dalam buku Jawa Sejati: Sebuah Otobiografi Go Tik Swan Hardjonagoro karya Rustopo, Sawunggaling diketahui adalah nama tokoh heroik dalam cerita rakyat Jawa Timur. Ia dikenal sebagai pembela rakyat jelata memerangi penjajah Belanda.

Karya itu disebut diilhami oleh pakaian Bali yang dikenakan rekannya yang berlatar merah dan Sawunggaling yang berwarna emas. Batik Sawunggaling karya Go Tik Swan digubah dalam campuran warna soga dan merah darah dengan latar hitam.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3984041/asal-mula-motif-sawunggaling-batik-terakhir-pilihan-ani-yudhoyono
Comments
Loading...