Asal Muasal Batik di Jawa

0 203

Asal Muasal Batik di Jawa

Batik Indonesia menurut beberapa pendapat mulai muncul dan kemudian berkembang semenjak impor kain tenun yang berasal dari daerah India yang terjadi di sekitar abad ke 17. Kemudian dilanjutkan dengan kain yang berasal dari eropa yang juga masuk ke daerah Indonesia pada sekitar awal tahun 1815. Walaupun begitu pendapat ini kemudian juga mendapat bantahan, hal ini dikarenakan motif yang telah banyak ditemukan pada berbagai ukir-ukiran yang dapat ditemukan terukir pada relief Candi Prambanan dan juga pada relief Candi Borobudur.

Candi Prambanan dan juga Candi Borobudur diketahui telah ada semenjak abad ke delapan dan hal itu mempunyai pengaruh yang kuat terhadap beragam motif batik yang ada hingga saat ini. Melihat relief yang menyerupai batik di Candi Borobudur dan juga candi prambanan maka dapat ditarik kesimpuan bahwa batik tidak mungkin baru muncul diperadaban budaya Jawa pada abad ke 17. Dalam Kitab Centini yang berasal dari zaman Pakubuwono V juga telah menuliskan istilah batik dalam kitabnya dan pada waktu kitab Centini dituliskan telah terdapat berbagai macam motif-motif batik yang berjenis halus seperti Motif Batik Gringsing, Motif Batik Kawung dan berbagai jenis motif batik halus lainnya. Dalam kitab Centini juga telah disebutkan alat yang digunakan untuk membatik yang bernama canting. Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa canting telah digunakan sebagai alat untuk membatik pada zaman itu.

Berdasarkan fakta tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa batik merupakan sebuah budaya asli Indonesia yang telah ada dalam budaya bangsa Jawa semenjak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu dan sampai saat ini telah menjadi tradiri yang terus menerus dilestarikan dan juga dijaga keasliannya.

Source Asal Muasal Batik di Jawa Batik
Comments
Loading...