Asal Batik Mega Mendung

0 88

Asal Batik Mega Mendung

Motif Batik Megamendung konon katanya merupakan sebuah hasil asimilasi budaya antara penduduk asli Cirebon dengan pemahaman filsafat yang dibawa masyarakat China. Seperti namanya Motif Batik Mega Mendung berbentuk menyerupai awan dengan corak warna yang menggambarkan nuasa mendung. Motif yang dituangkan ke atas kain pada dasaranya berupa garing-garis lengkung yang membentuk gambar awan yang menggumpal. Umumnya batik mega mendung didominasi dengan warna biru, putih, dan abu-abu yang menlambangkan warna langit ketika sedang mendung.

Meski tampaknya Motif Batik Megamendung cukup sederhana, berupa kumpulan awan, namun dibalik motif awan tersebut terkandung makna kehidupan yang begitu mendalam jika kita lihat dari sisi filosofi kehidupan yang terkandung. Motif Batik Megamendung biasanya merupakan pola lingkaran yang berpusat pada garis lengkung yang berada di tengah bentuk gumpalan yang secara harmonis melebar keluar dan kembali lagi menjadi putaran kecil yang saling menyatu dengan lengkungan lainnya.

Motif Batik Mega Mendung yang sederhana tersebut ternyata mengandung pesan moral yang merupakan panutan kehidupan seorang manusia. Di mana kita sebagai makhluk Tuhan akan mengalami keadaan yang tidak stabil, selalu naik turun seperti halnya garis lengkung pada motif batik mega mendung. Garis lengkung yang melebar merupakan gambaran kehidupan manusia yang sedang mencari jati diri, mengembangkan diri dan belajar dari berbagai pengalaman hidup. Namun pada akhirnya kehidupan manusia tetap akan kembali ke pusat kehidupannya yaitu ketetapan Tuhan. Motif Batik Mega Mendung yang tidak terputus melambangkan kehidupan manusia yang utuh dan saling berhubungan.

Source http://www.medogh.com/blog/ http://www.medogh.com/blog/artikel-batik/asal-batik-mega-mendung/
Comments
Loading...