Arti Motif Batik : Warna Sogan Cokelat Batik Pedalaman

0 57

Explore Batik Tulis Indonesia tentang filosofi motif warna Sogan (merah Kecoklatan) batik pedalaman. Batik pedalaman adalah batik yang berkembang di wilayah pedalaman, cenderung jauh dari pesisir pantai dan mendapatkan pengaruh dari kebudayaan keraton dan kerajaan. Setelah kemarin kita menjelajahi warna putih, kita menuju ke warna sogan, bagi kalian yang baru mendengarnya, warnasogan adalah warna cokelat kemerahan dan cenderung ke kuning. Nah, bingung kan, sama.

Kalau warna putih dominan dengan Yogyakarta, maka warna sogan ini dominan di kota Solo. Langsung saja kita menuju pembahasan, apa arti dan filosofi warna sogan yang diterapkan ke dalam batik tulis, terutama yang memiliki pakem klasik. Seperti yang kita ketahui, pewarnaan batik bukan pekerjaan yang sembarangan, membutuhkan ketelitian dan kerapian agar warna tidak keluar dari motif yang telah ditentukan. Warna coklat (soga) ini diidentikkan dengan warna merah, karena pada batik klasik pedalaman tidak ada warna khusus untuk merah.

Warna coklat soga ini menggambarkan berkembangnya unsur dari kuasa Tuhan yang tercermin dalam perangai manusia, yaitu sifat-sifat ambisius, angkuh, sombong, serakah, dan dengki (nafsu amarah). Unsur warna merah juga menjadi perlambang watak seseorang yang apabila dapat dikendalikan dan diatur, maka akan menjadi watak pemberani dan bersifat kepahlawanan. Unsur warna merah melambangkan arah mata angin selatan, sebagai arah matahari.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/04/19/explore-batik-tulis-indonesia-rahasia-dan-filosofi-warna-sogan-cokelat-batik-pedalaman
Comments
Loading...