Arti Motif Batik : Rahasia Warna Putih Batik Pedalaman

0 70

Filosofi motif warna putih batik pedalaman. Batik pedalaman adalah batik yang berkembang di wilayah pedalaman, cenderung jauh dari pesisir pantai dan mendapatkan pengaruh dari kebudayaan keraton dan kerajaan. Pewarnaan batik klasik daerah pedalaman biasanya memiliki warna yang cenderung gelap dan kalem. Masyarakat Jawa biasanya mengemukakan suatu warna dalam rangka falsafah keseimbangan yang sejalan dengan alam semesta ini. Sebagai contoh adalah batik tulis buatan Yogyakarta yang dominan memiliki warna putih dalam ragam batiknya.

Untuk melambangkan suatu filosofi, pewarnaan batik tidak bisa sembarangan. Dahulu, batik yang khusus untuk raja memiliki motif dan warna yang memiliki kualitas tinggi. Demikian pula halnya dengan warna yang diterapkan pada batik klasik gaya Yogyakarta, maka penggunaan dan pemilihan warna ini tentu tidak sembarangan, dan juga dimaksudkan untuk mengungkapkan makna dari unsur-unsur ragam hias yang diterapkan. Makna simbolis dari warna putih yang diterapkan pada batik klasik dapat dijabarkan sebagai berikut.

Warna putih adalah salah satu ragam warna yang dimiliki oleh batik karya masyarakat pedalaman. Warna putih yang diterapkan pada batik klasik gaya Yogyakarta lebih dominan dari pada unsur warna yang lain. Warna putih berkaitan dengan unsur udara yang disimbolisasikan dengan ragam hias burung atau binatang bersayap lainnya, sesuai dengan kesan warna putih yang suci, bersih, murni, tenteram, bahagia.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/04/18/explore-batik-tulis-indonesia-rahasia-dan-filosofi-warna-putih-batik-pedalaman
Comments
Loading...