Arti Motif Batik : Motif Batik Indonesia Semen Rama

0 80

Batik, beberapa dari kalian mungkin bosan mendengarnya. tetapi buat kami, batik adalah sebuah karya seni yang begitu dekat dengan kehidupan kami sehari-hari. Dan kami akan terus berusaha melihat lebih dekat dan menerjemahkan apa yang telah leluhur kita wariskan kepada kita. Dari berbagai filosofi batik, ada satu yang begitu menarik perhatian kita, yaitu motif batik Semen Rama. Filosofi yang terkandung dalam motif ini ada 8 yang disebut Hastha Brata. Filosofi yang mengajarkan kita untuk menjadi seorang pemimpin yang bijaksana, seorang pemimpin yang paling tidak memiliki sifat ajaran tersebut.

Batik ini dibuat pada masa pemerintahan Paku Buwono ke IV yang memegang tahta pada tahun 1788-1820 M. Motif ini memberikan pelajaran kepada putranya yang sudah diangkat sebagai Putra Mahkota calon penggantinya. Batik yang bercorak “semenan” dengan nama “semen-rama” ini diambil dari ajaran Prabu Ramawijaya kepada Raden Gunawan Wibisono saat akan mengganti raja di Alengka sepeninggal Prabu Dasamuka. Ajaran yang dikenal adalah “Hatha Brata” yang harus dilaksanakan oleh seorang calon pemimpin.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/04/08/8-ajaran-hasta-brata-dalam-filosofi-motif-batik-indonesia-semen-rama
Comments
Loading...