Arti Motif Batik : Mengenal Motif Batik Babon Angrem

0 263

Motif Batik Indonesia begitu beragam dan bervarisasi, bahkan memiliki filosofi yang berbeda-beda tergantung motif batik tersebut. Dan pada tanggal 2 Oktober 2009, Batik Indonesia telah memperoleh pengakuan dari UNESCO dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kedua motif batik yang diakui dalam pertemuan itu adalah motif Babon Angrem dan Udan Liris. UNESCO mengakui batik Indonesia bersama dengan 111 nominasi mata budaya dari 35 negara, dan memasukkannya dalam Daftar Representatif 76 mata budaya. Motif batik Babon Angrem adalah motif klasik, tidak banyak yang tahu siapa yang menciptakan motif tersebut. Namun diduga ini adalah salah satu warisan kerajaan Mataram yang turun temurun diwariskan selama berbagai generasi.

Dalam adat Jawa, setiap batik memiliki nilai filosofis tersendiri yang berbeda-beda, bahkan sang pembatik kadang harus menjalani laku nyepi dan bermeditasi untuk mendapatkan inspirasi motif yang akan mereka buat. Seni membatik bukan hanya sekedar melukis malam ke kain putih kemudian dijual. Seni membatik lebih ke kesabaran dan ketelitian sang pembatik untuk menghasilkan karya yang luar biasa.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/02/01/mengenal-dan-memahami-motif-batik-babon-angrem-warisan-budaya-yang-sudah-diakui-dunia
Comments
Loading...