Arti Motif Batik : Filosofi Batik Wahyu Cakraningrat

0 207

Batik Wahyu Cakraningrat ini merupakan batik sarimbit yang digunakan oleh kedua mempelai pada saat pernikahan adat Jawa. Lebih mirip seperti motif-motif pernikahan seperti Wahyu Tumurun, Truntum Garuda, Sido Mukti dan yang lain sebagainya. Oleh karena itu, filosofi utama dari batik tersebut adalah mempersatukan segala perbedaan yang mungkin ada pada kedua mempelai yang akan menempuh hidup baru. Seperti terlihat pada unsur sepasang burung yang berada di dalam motifnya.

Yang mengibaratkan sepasang manusia yang ingin mendapatkan ridha dan restu dari Tuhan, serta mengharapkan wahyu atau anugerah untuk menempuh hidup bersama sampai akhir hayatnya. Diperkuat dengan unsur meru yang mengingatkan pasangan yang berbahagia ini untuk tetap mengingat kepada Sang Pencipta dalam menjalani lika-liku kehidupan (ragam hias ukel) dan segala tantangan yang ada di depan mereka nantinya. Meskipun bukan pilihan utama ketika menikah, namun dilihat dari filosofi yang dibawanya, maka batik ini layak untuk dipertimbangkan ketika akan melangsungkan pernikahan dengan prosesi adat Jawa.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2019/03/23/batik-tulis-motif-wahyu-cakraningrat-sepasang-keindahan-mahakarya-batik-untuk-pernikahan
Comments
Loading...