Ariyani Matius Rangkul Ribuan UKM Lewat Marketplace Batik

0 4

Ariyani Matius Rangkul Ribuan UKM Lewat Marketplace Batik

Kain batik sudah menjadi warisan kekayaan dunia yang sudah diakui UNESCO sejak tahun 2009. Untuk semakin mempopulerkan dan melestarikannya, Dr Ariyani Matius Maun SKom, MM berjuang melalui caranya sendiri dengan membangun e-commerce Batikmal.com.

Wanita yang menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Batikmal.com tersebut berupaya membuka peluang agar batik bisa dimiliki warga masyarakat dunia.
Ariyani pun memilih Semarang menjadi basis e-commerce tersebut karena batik lebih dikenal berasal dari Jawa Tengah. Sedangkan Kota Semarang merupakan ibukota dari Jawa Tengah.

“Waktu itu ada juga yang mengajak untuk membuat basis e-commerce ini di Jakarta, alasannya biar cepat dikenal. Tapi saya nggak mau, dan biarkan agar tetap berada di Jawa Tengah,” jelas wanita yang sudah membangun Batikmal.com sejak tahun 2016.

‎Ariyani mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk Indonesia yang tidak kalah dengan produk dari luar negeri. Makanya, Batikmal.com menggandeng pelaku usaha untuk bisa memanfaatkannya untuk melakukan perdagangan digital.

Meskipun menjadi marketplace batik pertama, namun pengunjungnya juga bisa memperoleh beragam produk lainnya di luar batik seperti ‎tas, sepatu, dan lainnya. “Sampai sekarang, setiap minggu saya harus keliling Indonesia untuk membantu kelompok-kelompok UKM memasarkan produknya secara global,” jelas dia.

Ariyani mengatakan, sekali menjalin kerjasama bisa langsung mencapai ratusan UKM yang bergabung. Dia memilih kelompok usaha agar lebih efektif. Saat ini, sedikitnya sudah ada sekitar 2.000 UKM yang bergabung dan menyediakan beragam produk di Batikmal.com.

“Kalau datang ke satu-satu UKM terlalu lama, repot juga. Makanya saya langsung ke ketua kelompoknya,” kata dia. ‎Tak ingin membuat pelanggannya kecewa, Ariyani melakukan screening khusus terhadap UKM yang bergabung. Dia selalu memperhatikan kualitas, harga, dan juga kemasan untuk meningkatkan repeat order (pesan kembali).

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/09/09/ariyani-matius-rangkul-ribuan-ukm-lewat-marketplace-batik
Comments
Loading...