Apem, Motif Batik Khas Klaten yang Berasal dari Tradisi Jawa Kuno

0 133

Apem, Motif Batik Khas Klaten yang Berasal dari Tradisi Jawa Kuno

Kue apem merupakan salah satu kuliner khas Klaten, Jawa Tengah yang banyak ditemui di sudut-sudut kota. Tidak hanya itu, di Klaten juga terdapat tradisi sebaran apem yang populer disebut Yaa Qowiyyu yang dilakukan setiap tahun ketika menginjak bulan Sapar pada kalendar Jawa.

Pada saat itu, ribuan masyarakat akan berebut berton-ton apem yang disebar di kompleks makam Ki Ageng Gribig, Jatinom tersebut. Berangkat dari keunikan itulah sejumlah pembatik wanita di Desa Kebon, Kecamatan Bayat, Klaten memperkenalkan motif batik apem ini sebagai salah satu motif baru yang menggunakan pewarna alam.

Selain menggunakan bahan daun tom, pewarnaan, juga bisa menggunakan rendaman daun mangga, buah ceri atau talok, maupun buah ketepeng.Untuk menghargai produk unggulan daerahnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menetapkan batik untuk bisa bersanding dengan lurik, konveksi, tembakau asepan dan rajangan, mebel, keramik, dan logam. Hal itu dituangkan dalam Keputusan Bupati Klaten Nomor 050/84 Tahun 2016. Adapun sentra batik di Klaten tersebar di Kecamatan Bayat, Kalikotes, dan Kemalang.

Source http://delanggu.com/ http://delanggu.com/apem-motif-batik-khas-klaten-yang-berasal-dari-tradisi-jawa-kuno/
Comments
Loading...