Anjuran Memakai Batik Setiap Jumat-Sabtu

0 47

Anjuran Memakai Batik Setiap Jumat-Sabtu Perajin di Wijirejo Kebanjiran Order

Seiring dengan adanya anjuran Pemkab Bantul kepada seluruh PNS untuk memakai pakaian batik setiap Jumat-Sabtu, berimbas kepada meningkatnya pesanan batik khas Bantul yang diproduksi para perajin batik di Wijirejo Pandak. ‘Batik Topo HP’, produsen kain batik di Pijenan, sejak beberapa bulan terakhir banyak menerima order kain batik dari para PNS di lingkungan Pem-kab Bantul. Menurut Utamy, pemilik Batik Topo HP, jika sebelumnya dalam sebulan rata-rata mampu menjual kain batik sebanyak seribu potong, namun dalam tiga bulan terakhir meningkat sekitar 30-40 persen. “Jika dirata-rata kenaikan permintaan kain batik setiap bulan sekitar 300 potong dari sebelumnya. Sehingga dalam sebulan kami mampu menjual sekitar 1.300 potong kain batik,” kata Utamy.

Pemesanan kain batik tak cuma datang dari kalangan PNS di lingkungan Pemkab Bantul saja, namun juga dari Sleman, Kulonprogo dan Gunungkidul. Anjuran Pemkab Bantul tersebut dinilai Utamy merupakan angin segar sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya Jawa, termasuk tentunya melestarikan batik. Secara otomatis juga akan menggairahkan industri batik. Meski order meningkat cukup tinggi, namun menurut Utamy harga jual tetap seperti semula, yaitu rata-rata Rp. 45 ribu/potong.

 Tidak hanya kain yang banyak dipesan oleh PNS, namun banyak juga perlengkapan rumah atau perkantoran, seperti taplak meja, selendang, sprei dan sebagainya. Bahkan banyak sekolah yang memesan kain seragam maupun perlengkapan lainnya dengan motif dan tulisan khusus sesuai pemesan. Selain melayani pembelian dan pesanan dari masyarakat, juga melayani penjualan dari beberapa tengkulak dari Jakarta, Bali, Semarang dan luar daerah lainnya.

Source https://batiksastro.wordpress.com/ https://batiksastro.wordpress.com/2006/05/02/anjuran-memakai-batik-setiap-jumat-sabtu-perajin-di-wijirejo-kebanjiran-order/
Comments
Loading...