Angkat Warisan Budaya Indonesia, Shanghainoon Tugu Malang Adakan Tenun and Batik Jewelry Exhibition

0 119

Ikut memeriahkan hari ulang tahun Kota Malang yang ke-101, yang juga merupakan bulan kelahiran Kartini, Shanghainoon Boutique-Hotel Tugu Malang dengan konsistensinya dalam menggali potensi budaya lokal dan warisan budaya yang kental, kembali mempersembahkan pameran tahunan yang menggelar keistimewaan dan keindahan di balik keanggunan Tenun dan Batik Indonesia pada tanggal 11 April.

Kemegahan kain tenun khas Indonesia merupakan hasil pemintalan benang secara memanjang dan melintang yang biasa dibuat dengan serat kayu, kapas dan sutra. Pembuatan kain tenun sendiri mempunyai proses seni tingkat tinggi yang menjadikannya sangat berharga karena erat kaitannya dengan pengetahuan, budaya, kepercayaan, alam dan sistem sosial masyarakat dalam suatu daerah sehingga memberikan ciri khas masing-masing.

Begitu pula dengan kain batik yang memiliki sejarah panjang sebagai kain kebanggaan daerah Jawa sekaligus harta berharga yang dijaga hingga sekarang. Berkembangnya batik tulis hingga batik cap pun mewarnai begitu kayanya kain nusantara. Setiap corak memiliki makna dan keindahan tersendiri. Hal ini juga lah yang ditunjukkan oleh Shanghai Noon Boutique yang baru menggelar konferensi pers nya tanggal 10 April 2015 kemarin.

Bukan hanya memamerkan kain batik dan tenun yang sudah umum dikenal masyarakat luas, Ibu Crescentia, selaku pemilik Shanghainoon Boutique pun juga menggali lebih dalam dan mengangkat kain serta batuan asli Jawa Timur, tepatnya kain tenun Kediri dan batu-batuan Pacitan yang memiliki sejarah yang indah.

Daerah Kediri, tepatnya di Bandar Kidul ternyata juga memiliki tenun khas yang dibuat secara tradisional dan cantik. Tidak kalah dengan tenun Bali dan Lombok, kain tenun Kediri juga memiliki kualitas yang tidak bisa diragukan. Setiap motifnya pasti berbeda karena pengrajin secara spontan menciptakan dan langsung memintal benang secara manual.

Tidak berhenti sampai di situ, pada misi menghadirkan kisah Tenun dan Batik yang selalu indah ini, Shanghainoon Boutique-Hotel Tugu Malang menggandeng Lenan Pearl of Silk (pengrajin tenun eksklusif berbahan sutra yang sudah mendunia), Lungsin (pengrajin aksesoris yang terbuat dari kain tenun), Asiattic House of Asian Treasures (pengrajin yang memadukan budaya Indonesia dan India), dan radha Jewelry (pengrajin batu-batu etnik Jawa Timur) serta beberapa pengrajin lokal yang menampilkan karya terbaiknya.

Source https://www.vemale.com https://www.vemale.com/hot-event/80450-angkat-warisan-budaya-indonesia-shanghainoon-tugu-malang-adakan-tenun-and-batik-jewelry-exhibition.html?utm_source=Detail-Artikel&utm_medium=baca-juga&utm_campaign=vem-annual-report&utm_content=artikel-crosslink
Comments
Loading...