Angkat Sembilan Motif Batik Khas Lamandau pada Festival

0 317

Angkat Sembilan Motif Batik Khas Lamandau pada Festival

Persiapan untuk acara Festival Babukung di Kota Nanga Bulik Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, sudah semakin matang. Salah satu poin pentingnya, festival itu bertujuan untuk mengangkat Batik khas Lamandau.  Kabupaten Lamandau telah mendaftarkan sembilan motif batik khas daerah itu di Kementerian Hukum dan HAM.

Pematangan acara festival itu berlangsung tadi, Jumat malam (27/8/2016)  di Kantor  Bupati Lamandau.  Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Lamandau Marukan.  Berbagai persiapan untuk acara tersebut dibahas, mulai dari persyaratan bagi peserta, susunan acara, tata tertib, pakaian peserta,  cindera mata, juga dibahas.

Untuk pelengkap, peserta atau penari  Babukung juga akan dilengkapi sejumlah aksesoris, seperti kerincingan yang digunakan di pergelangan tangan kiri, serta bambu khas penari babukung di tangan kanan, serta sejumlah pelengkap lainnya.

Seperti diketahui, pada 2015 Lamandau secara resmi mendaftarkan sedikitnya sembilan Motif Batik sebagai hasil kekayaan intelektual masyarakat Lamandau. Semuanya kini telah resmi tercatat dan mendapat hak paten dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) RI. Ada sembilan motif batik didaftarkan sebagai hasil kekayaan intelektual masyarakat dan hasil ciptaan masyarakat yang ada di Kabupaten Lamandau.

Motif batik tersebut yang dibuat dan digagas ibu-ibu PKK Kabupaten Lamandau telah dipatenkan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Ke-9 motif Batik Khas Lamandau tersebut meliputi Motif Poti Tiga Anyaman, Pemucu Robung, Pemata Punai, Buah Tabiku, Mata Kail, Kora Becampung, Karibang Barunsu, Bigi Paria dan Anyaman Batang Padi. Dengan di adakan acara tersebut berharap agar masyarakat mengenal dan memakai batik khas dari daerah ini. Tentunya untuk para wisatawan yang datang bisa membawa batik ini sebagai oleh-oleh untuk dibelinya. 

Source Angkat Sembilan Motif Batik Khas Lamandau pada Festival Batik
Comments
Loading...