Angkat Batik Ponorogo, Bupati Ipong Gandeng Diskop Provinsi

0 29

Angkat Batik Ponorogo, Bupati Ipong Gandeng Diskop Provinsi

Bupati Ponorogo H. Ipong Muchlissoni menjajaki peluang kerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Pemprov Jatim untuk mengangkat lagi warisan batik Ponorogo yang sudah ada sejak abad ke-15.

Bupati berharap ada kerjasama mulai dari pelatihan hingga pengembangan marketing secara digital, misalnya, mengembangkan market place seperti lewat bukalapak, blibli.com, shopee dan sebagainya.

Keinginan Bupati Ipong ini disampaikan kepada Kabid Pemasaran Dinas Koperasi Usaha Mikro Pemprov Jatim Achmad Basuki di sela-sela kunjungan ke stand pameran Pasar Rakyat Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H di Alun-Alun Ponorogo.

Menurut Basuki, Bupati Ipong berkeinginan kerjasama dengan Diskop Pemprov Jatim. Khususnya digelar pelatihan membatik dalam rangka meneruskan warisan budaya leluhur. “Karena batik di Ponorogo, walaupun sudah ada sejak lama, namun hampir punah. Seperti kerajinan batik di desa Babadan, dulu jadi sentra batik di Ponorogo,” jelasnya.

Ada beberapa kelemahan UKM batik tradisional bila tanpa pelatihan dari dinas terkait. Misalnya, coraknya kurang, warna alami juga masih kurang dan biasanya harga masih mahal. “Prinsipnya Pak Kadiskop UKM Pemprov Jatim akan menyambut baik dan senang sekali,” kata Basuki.

Menurut sejumlah literatur, batik khas Ponorogo ada sejak abad ke-15, saat itu ketika Ki Ageng Hasan Besari Tegalsari menikah dengan salah satu Putri Keraton Surakarta. Saat Itu lah kebudayaan Keraton Surakarta berupa seni batik dibawa ke Ponorogo.

Ketika jaman Kemerdekaan, pada 1955, berdiri Koperasi Pembatik di Ponorogo, yang sudah mempunyai 150 anggota.

Industri batik Ponorogo meredup memasuji era 70-an hingga sekarang. Karena itu Bupati Ipong Muchlissoni menjajaki kersama dengan Diskop UKM Pemprov Jatim untuk mengangkat lagi kekuatan batik khas Ponorogo.

Source https://www.timesindonesia.co.id https://www.timesindonesia.co.id/read/190471/20181121/193505/angkat-batik-ponorogo-bupati-ipong-gandeng-diskop-provinsi/
Comments
Loading...