Aneka Ragam Keunikan Motif Kain Batik Betawi

0 143

Aneka Ragam Keunikan Motif Kain Batik Betawi

Seluruh daerah di Indonesia memiliki ragam dan corak batik tersendiri. Masing-masing batik memiliki ciri khas tersendiri.

Batik Betawi misalnya, belakangan mulai diperkenalkan kepada dunia fesyen. Keunikannya terdapat pada warna batik yang menyala.

Bukan hanya itu, batik Betawi ternyata juga memiliki berbagai motif unik khas kesenian ibu kota. Sebut saja makanan khas Betawi, kerak telor.

Motif ini menjadi torehan dalam kain yang akan diperagakan dalam Indonesia Cultural Fashion 2016 di Amsterdam. Ada pula motif lainnya seperti ondel-ondel, monas, hingga kesenian Betawi lainnya.

“Ada banyak motif unik khas di Jakarta seperi makanan, transportasi dan keseniannya menjadi motif. Salah satunya bajaj atau buah lontar,” kata desainer Elemwe, Lily Mariasari.

Elemwe mengangkat hasil karya pengrajin Indonesia khususnya dari DKI Jakarta melalui busana yang terbuat dari bahan batik dengan motif seni budaya Betawi.

Ciri lainnya memiliki bordiran sedikit payet. Warna yang ditampilkan saat ini lebih bernuansa alam. “Kami ubah sedikit dari konsep warna di ajang Indonesia Cultural Fashion. Karena orang Eropa sukanya warna alam, warna lembut. Sedangkan batik Betawi biasanya warnanya ngejreng atau menyala,” tutur Lily.

Dirinya mampu mendesain satu pakaian dalam waktu tiga inggu. Selama 1-2 minggu dilakukan proses desain dan cap, lalu kemudian diaplikasikan ke gaun.

“Sesuai arahan ibu gubernur kami untuk lebih berkreasi dalam warna di batik Betawi, kami sudah memulai sejak satu tahun lalu,” ujarnya.

Material yang digunakan yakni katun, brokat, dan payet. Elemwe juga pernah tampil di acara fesyen sebelumnya yakni di Amerika, kedutaan Singapura, dan di Jakarta.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/entertainment/lifestyle/18/11/2016/aneka-ragam-keunikan-motif-kain-batik-betawi
Comments
Loading...