Analisis Motif Batik Salem

0 620

Analisis Motif Batik Salem

Dilihat dari perkembangannya, saat ini Batik Salem telah memunculkan berbagai motif, di antaranya Motif Kopi Pecah, Manggar, dan Ukel dengan menggunakan ciri khas warna hitam dan putih. Batik Brebesan yang menjadi identitas bagi para masyarakat Kabupaten Brebes ini di produksi di Kecamtan Salem tepatnya di Desa Bentar dan Desa Bentarsari. Kecamatan Salem terletak di daerah selatan Kabupaten Brebes, di kecamatan inilah yang menjadi pusat home industri Batik Brebesan. Batik Salem memiliki beberapa motif yang unik dan menarik, tentunya motif-motif ini mengandung ciri khas yang memang hanya dimiliki oleh Batik Brebesan.

Ciri khas dari Batik Salem banyak dipengaruhi oleh Batik Pekalongan dari pola buketannya, batik Surakarta dan Yogyakarta dari segi pewarnaan, bentuk pola, dan pilihan motif, serta Batik Tegal dan Batik Banyumas dari segi pewarnaan soga. Untuk pewarnaan Batik Salem sendiri banyak didominasi oleh warna hitam, cokelat, dan putih dengan motif pada mulanya Kopi Pecah, Manggar, dan Ukel. Selain motif klasik seperti Sidomukti, Plataran Ukel Baris dengan teknologi bedesan. Walaupun kini perajin sudah menggunakan motif baru seperti Bawang Merah dan Bebek yang disebut Itik Bawang.

Ada 20 jenis motif batik yang dibuat perajin Batik Salem, tiga di antaranya merupakan yang terbaik dan paling diminati pembeli. Ketiga jenis motif tersebut tidak dapat diproduksi secara industrial, tetapi hanya dapat dibuat dengan tangan. Hanya perajin yang berpengalaman bertahun-tahun dan memiliki ketelitian ekstra yang mampu melakukannya. Ketiga motif tersebut adalah Motif Kopi Pecah, Manggar, dan Sawat Rantai. Motif Kopi Pecah yang merupakan salah satu motif klasik warisan lelehur masyarakat Salem yang masih terjaga keasliannya dan menonjolkan nilai koservatif dari Motif Batik Salem. Motif Manggar, terinspirasi dari manggar yang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di daerah Salem. Salah satu Motif Klasik Batik Salem yang masih terjaga hingga saat ini. Motif Gringsing, salah satu motif klasik warisan lelehur masyarakat Salem yang masih terjaga keasliannya. Menonjolkan nilai koservatif dari Motif Batik Salem. Motif Galaran Wahyu Temurun, salah satu motif klasik warisan lelehur masyarakat Salem yang masih terjaga keasliannya. Menonjolkan nilai koservatif dari Motif Batik Salem.

Source Analisis Motif Batik Salem Batik
Comments
Loading...