Alisha Berikan Inovasi Untuk Batik Warisan Leluhur

0 55

Alisha Berikan Inovasi Untuk Batik Warisan Leluhur

Meski dilahirkan dari keluarga pengusaha batik yang punya nama. Tidak membuat Alisha Ayu Novita berpuas diri.

Perempuan cantik ini punya inovasi tersendiri untuk keluar dari bayang-bayang nama besar keluarganya. Alisha mengaku usaha batik memang sudah diturunkan turun temurun dari buyut, orangtua hingga kini dilanjutkan kakak sampai ke dirinya.

Usaha batik keluarga, dimulai dari jualan baju batik di Pasar Beringharjo hingga akhirnya membuka grosir batik di rumah kediaman.

“Bisnis batik keluarga sudah dimulai sejak tahun 1985. Kalau saya baru menekuni binis batik sekitar empat tahun ini. Masih terbilang pemain baru. Karena usaha baru diakui jika mampu bertahan 10 tahun,” ujarnya.

Meski berada di jalut bisnis yang sama, Alisha mengibarkan benderanya sendiri dengan menyasar segmen pasar yang lebih dinamis dan modern.

Ia mulai berani berinovasi dengan brand batiknya sendiri, memanfaatkan media sosial dengan nama Instagram: BatikGunawan.

“Aku kembangin batiknya lewat online sama pameran di mall. Batik yang aku pilih itu yang kekinian dari orang tua sampai anak muda bisa pakai mulai dari daster anak, hingga baju batik premium,” jelas Alisha. Dengan ketekunannya, selama empat tahun, Alisha mengaku sudah mendapatkan pasar sendiri.

Alisha sudah berani turut ambil bagian pada pameran di mall-mall, bahkan mendapatkan kepercayaan untuk memasok batik ke toko-toko batik ternama di Yogyakarta

Tak hanya itu, sebagai perempuan yang sempat terjun di dunia modelling dan sempat menjadi finalis Caesar Bebs 2010, Alisha mengaku pengalamannya itu membantu dalam mengetahui referensi mode paling diinginkan oleh pasar untuk tetap up to date.

“Batik di Yogya sangat banyak modelnya. Tantangan sebagai pemain baru adalah kreatifitas. Aku juga senang berinteraksi dengan pelanggan baik di mall maupun di pasar untuk menambah wawasan tentang batik dan dagang,” jelasnya.

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2018/09/11/alisha-berikan-inovasi-untuk-batik-warisan-leluhur
Comments
Loading...