Alat Untuk Membatik: Wajan dan Kompor Kecil

0 609

Wajan dan Kompor Kecil

Komponen utama dalam proses batik tulis selain dari manusia adalah alat dan bahan membatik itu sendiri. Peranan alat batik ini sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan batik membatik. Alat membatik sendiri merupakan benda atau perkakas yang digunakan untuk mempermudah kegiatan batik membatik.

Alat membatik ini berbeda dengan bahan, karena bahan akan habis (tidak dapat digunakan lagi) setelah dipakai untuk membatik. Alat yang digunakan untuk mebuat batik selain canting yaitu wajan dan kompor kecil.

Wajan berfungsi sebagai tempat penampungan lilin batik saat sedang dilelehkan dari kondisi awal (beku). Wajan yang digunakan dalam proses membatik terbuat dari bahan alumunium atau tembaga dan di letakkan diatas kompor kecil.

Kompor Kecil adalah alat yang digunakan sebagai sumber panas ketika melelehkan lilin batik. Pada umumnya kompor kecil ini terdapat tombol untuk mengatur besar kecilnya nyala api sehingga lebih mudah dalam menjaga kestabilan panas (suhu leleh pada lilin).

Para pengrajin tradisional biasanya menggunakan kompor kecil yang berbahan bakar minyak gas. Namun pada akhir-akhir ini minyak gas sulit untuk didapatkan sehingga sebagian  dari mereka ada yang beralih dengan menggunakan kompor gas. Tetapi masih ada juga yang masih setia menggunakan anglo. Anglo merupakan alat memasak dengan arang sebagai bahan bakar.

Source Alat Untuk Membatik: Wajan dan Kompor Kecil Alat Membatik
Comments
Loading...