Alat Untuk Membatik: Gawangan

0 1.062

Gawangan

Gawangan adalah sebuah alat bantu dalam membatik berbentuk menyerupai gawang dengan dua kaki di kanan dan kiri yang berfungsi sebagai penyangga. Kadang jumlah pilar atau bilah lebih dari satu. Tinggi gawangan sekitar 50 cm dan panjang bilah 1 cm. Alat ini terbuat dari bahan besi, kayu, atau bambu.

Gawangan yang terbuat dari besi biasanya lebih awet, namun biaya pembuatan cukup mahal, sebaliknya gawangan yang terbuat dari kayu atau bambu lebih cepat rusak, biaya pembuatan lebih murah. Sentra kerajinan batik tulis di perkotaan dengan modal besar, telah menggunakan gawangan terbuat dari besi. Sementara sentra kerajinan batik tulis di pedesaan kebanyakan menggunakan gawangan yang terbuat dari kayu atau bambu. 

Fungsi utama gawangan tentu saja sebagai tempat untuk menaruh kain yang akan diberi pola batik dan proses pembatikan awal, yakni menorehkan lilin atau malam ke kain dengan alat bantuan canting. Kain yang akan diberi pola atau proses pembatikan pada umumnya disampirkan ke gawangan. Setelah itu pembatik bisa memulai dari ujung kain untuk kemudian memberi pola dan melakukan proses pembatikan awal.

Demikian seterusnya hingga proses pembuatan pola dan pembatikan awal selesai dilakukan.  Untuk para juragan batik jaman dulu biasanya memiliki gawangan yang diberi motif hiasan pada bagian atasnya. Biasanya berupa ukiran kayu yang membentuk motif tertentu seperti naga ataupun motif lung-lungan (tumbuhan).

Source Alat Untuk Membatik: Gawangan Gawangan
Comments
Loading...