Alat Untuk Membatik: Dingklik atau Kursi Kecil

0 291

Kain batik yang indah dan menarik tentunya tidak lepas dari bagaimana keahlian tangan-tangan pengrajin dalam mengolahnya. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk menciptakan karya seni tradisional dan tentunya dengan keuletan dalam menggunakan teknik tradisional alami yang mampu menghasilkan kain batik dengan ceceg yang membentuk suatu pola motif indah akan membuat nilai dari batik tersebut menjadi tinggi dibandingkan dengan pembuatan batik menggunakan teknik moderen seperti cap, printing, sablon dan sebagainya. Dalam pembuatannya ada beberapa hal atau dalam bahasa inggrisnya weapon’s tertentu yang harus dipersiapkan. Pada kesempatan ini saya akan memncoba menjelaskan mengenai peralatan apa saja yang diperlukan dalam membuat suatu karya seni batik tradisional. Salah satu alat yang dipakai dalam proses membatik adalah dingklik atau kursi kecil.

Dingklik atau Kursi Kecil

Dingklik merupakan tempat duduk para pengrajin batik saat melakukan proses batik tulis. Kursi kecil ini dapat terbuat dari bahan kayu ataupun plastik. Namun untuk tinggi dari dingklik ini meyesuaikan dengan tinggi pengrajin batik.

Tujuannya adalah demi kenyamanan sang pengrajin batik selama proses batik membatik atau melukis kain mori dengan lilin  batik berlangsung. Proses membatik tulis ini berbeda dengan batik cap. Para pengrajin batik, melakukan proses batik membatiknya dengan cara duduk menggunakan kursi kecil. Biasanya memang proses menggambar batik tulis dilakukan dengan cara duduk di bawah, tidak dilakukan dengan berdiri seperti yang dilakukan pengrajin saat membuat batik cap.

Source Alat Untuk Membatik: Dingklik atau Kursi Kecil Kursi Kecil Batik
Comments
Loading...