Alat Penunjang Pembuatan Batik Sablon

0 230

Alat Penunjang

Peralatan penunjang dibutuhkan jika menginginkan pembuatan film dalam screen dilakukan sendiri, karena saat ini telah banyak penyedia jasa yang membuatkan film dalam secreen sehingga Anda tinggal melakukan proses cetaknya saja. Adapun penyedia jasa pembuatan film di screen tersebut biasanya dapat ditemukan di toko-toko penjualan peralatan sablon ataupun tukang sablon lainnya.

Alat-alat penunjang ini harganya bisa dibilang cukup murah, peralatan ini diantaranya adalah :

1.  Coater

Coater merupakan peralatan cetak sablon yang digunakan untuk mengoleskan dan meratakan emulsi pada screen printing. Alat ini terbuat dari alumunium, namun bisa diganti dengan menggunakan penggaris mika yang agak tebal.

2. Hair Dryer atau Kipas Angin

Proses pengolesan emulsi pada sccreen printing sangat dianjurkan dilakukan di ruang gelap karena emulsi tersebut sangat peka cahaya. Untuk proses pengeringannya maka dibutuhkan Hair Dryer dan Kipas Angin. Jarak penggunaan alat pengering Hair Dryer paling aman antara 15 – 20 cm dari permukaan screen printing.

3. Kertas Kalkir

Merupakan jenis kertas transparan yang digunakan untuk membuat negatif film pada screen printing. Kertas transparan ini biasanya banyak digunakan oleh para arsitektur untuk membuat gambar rancang bangun.

4. Busa

Busa atau gabus merupakan salah satu peralatan cetak sablon yang berguna untuk menyangga screen printing agar rata saat proses penyinaran pembuatan film. Busa ini diletakkan dibagian bawah screen dan biasanya memiliki ukuran persegi panjang mengikuti ukuran bingkai screen bagian dalam.

5. Kaca Bening

Kaca bening ini digunakan untuk menempelkan film berupa kalkir ke permukaan screen agar tidak mudah bergeser dan rata. Kaca bening ini memiliki ukuran agak tebal (sekitar 5mm) dan diletakkan paling atas saat melakukan penyinaran pembuatan film di screen printing.

6. Triplek

Triplek atau plat kayu digunakan untuk menyangga busa/gabus agar bisa tertekan dengan rata saat proses penyinaran pembuatan film pada screen printing, triplek ini peletakannya berada paling bawah.

7. Handsprayer ( Penyemprot Air)

Penyemprot air (Handsprayer) digunakan untuk membersihkan emolsi pada screen printing sehingga dapat membentuk model gambar ataupun tulisan pada screen.

8. Peralatan cetak sablon lainnya

Peralatan cetak sablon lainnya ini diantaranya Plester/Lakban yang berfungsi untuk menutupi pinggir screen agar kayu tidak kotor dan untuk menutup beberapa bagian screen agar tidak bocor. Gunting/Cutter berfungsi untuk memotong lakban, Kain Bekas untuk alat membersihkan screen, dan Kaleng/gelas untuk tempat campuran cat.

Source Alat Penunjang Pembuatan Batik Sablon Alat Batik
Comments
Loading...