Alat Pembuatan Batik Sablon : Rakel

0 278

Rakel (Screen Printing Squeegee)

Selain screen yang difungsikan untuk menyaring tinta, ada juga peralatan cetak sablon yang digunakan untuk mendorong tinta agar masuk ke media cetak sehingga bisa melekat kuat dan menempel dengan rata. Alat ini sering disebut Rakel, terbuat dari karet dengan tatakan kayu ataupun besi sebagai pegangan. Rakel juga diproduksi dalam berbagai ukuran, ada yang panjangnya hanya sekitar 10cm, bahkan hingga lebih dari satu meter.
Jenis rakel yang bisa digunakan untuk cetak sablon ada banyak sekali, masing-masing jenis bisa terbuat dari bahan yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Selain bahan rakel yang berbeda, untuk menyablon media yang berbeda juga dibutuhkan bentuk rakel yang berbeda pula.
Perbedaan bentuk dan bahan ini dapat dipergunakan sesuai kebutuhan sablon. Apabila menyablon permukaan yang luas dan membutuhkan banyak tinta maka bisa menggunakan rakel lunak dan tumpul, sedangkan untuk menyablon detail gambar yang membutuhkan tinta sedikit bisa menggunakan jenis rakel yang keras dan tajam.

Keterangan gambar Rakel disamping:

  • Rakel jenis A, digunakan untuk menyablon benda-benda yang tidak menyerap tinta.
  • Rakel jenis B, digunakan untuk menyablon benda-benda yang tidak menyerap tinta seperti menyablon keramik.
  • Rakel jenis C, digunakan untuk menyablon benda-benda yang permukaannya datar dan bertekstur agak kasar seperti karton, kardus dan sejenisnya.
  • Rakel jenis D, digunakan untuk menyablon bahan yang banyak membutuhkan tinta.
  • Rakel jenis E. digunakan untuk menyablon pada permukaan yang bertekstur halus.
  • Rakel jenis F.  digunakan untuk menyablon bahan-bahan yang memiliki daya serap tinggi dan membutuhkan banyak tinta.
Source Alat Pembuatan Batik Sablon : Rakel Rakel
Comments
Loading...