Alat Pembuatan Batik Sablon : Plangkan

0 535

Batik printing atau batik sablon adalah batik ini termasuk penemuan dari jenis batik baru yang cara pembuatannya melalui proses cetak sablon manual atau printing mesin pabrik. Batik printing sekarang ini lebih di minati oleh para pengrajin batik, para pengrajin batik dari Pekalongan, Solo, Jogja,  atau pun dari daerah – daerah lain penghasil kerajinan batik printing. Batik printing di nilai lebih punya keunggulan banyak kalau di lihat harga dan waktu pengerjaannya. Pada jenis ini lebih ungul dari segi harga maksudnya bahwa harga batik printing ini jauh lebih murah dari pada batik cap ataupun batik tulis.

Alat Plangkan

Dalam proses pembuatan batik sablon juga memiliki alat yang khas. Masing-masing dari alat tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. Alat dalam batik sablon yaitu seperangkat benda yang menjadi unsur utama dalam proses pekerjaan. Plangkan yaitu alat utama dalam proses sablon.

Alat ini terbuat dari sebuah kain saring yang dibentangkan pada sebuah bingkai kayu atau aluminium. Kain yang digunakan bernama kain monil, yaitu kain yang terbuat dari benang sintetis. Kain monil memiliki karakter tipis, halus, namun sangat kuat. Dengan demikian tidak mudah rusak dalam proses sablon. Bingkai terbuat dari kayu jati atau aluminium. Kayu yang digunakan harus kuat dan lurus agar dapat menyangga kain pada proses sablon atau printing.

Source Alat Pembuatan Batik Sablon : Plangkan Plangkan
Comments
Loading...