Alat Pembuatan Batik Sablon : Meja Sablon

0 444

Alat Meja Sablon

Secara garis besar peralatan cetak sablon dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yakni peralatan utama dan peralatan penunjang. Peralatan utama terdiri dari beberapa alat yang digunakan untuk mencetak media secara langsung. Peralatan utama terdiri dari beberapa alat yang digunakan untuk mencetak media secara langsung. Peralatan Utama yaitu Meja Sablon.

Proses untuk mencetak sablon, dibutuhkan meja khusus yang dirancang untuk dapat menempatkan screen dan media yang akan dicetak. Meja untuk mencetak ini juga memiliki desain yang berbeda antara kebutuhan satu dengan lainnya, misalnya untuk kebutuhan mencetak plastik tentu akan berbeda bentuknya dengan meja untuk mencetak kaos ataupun spanduk. Secara umum, bentuk meja cetak yang digunakan untuk proses cetak sablon juga hampir sama dengan meja-meja lainnya. Bedanya pada meja sablon ini biasanya akan diberi engsel/tanggem atau berupa list penjepit yang berguna untuk menjepit screen agar tidak mudah bergeser.

Permukaan meja sablon tersusun atas beberapa unsur, masing-masing dari bawah terdiri dari tripleks, karet busa, plastik perlak, dan plastik bening biasa.

Plastik bening : berfungsi agar permukaan meja sablon bersih dan mudah dibersihkan
plastik perlak : berfungsi sebagai pelapis
Spon / busa : berfungsi sebagai stabilator atau penyeimbang dan agar meja lentur
Tripleks : berfungsi agar meja sablon rata
Kayu meja : berfungsi sebagai konstruksi utama meja sablon

Source Alat Pembuatan Batik Sablon : Meja Sablon Meja Sablon
Comments
Loading...